PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22689Keywords:
Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa 1) belum berani untuk mengemukakan pendapat didepan kelas, merasakan takut dan cemas dalam menghadapi penolakan, 2) belum bisa menyesuaikan diri dengan teman kelasnya, 3) masih terdapat siswa yang memandang rendah kemampuan diri sendiri yang mereka miliki, dan belum bisa menerima keadaan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 210 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa, diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata pre-test yaitu 73,47, sedangkan rata-rata post-test yaitu 85,20. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa hasil sebesar 3,51 sementara dengan db (n1+n2) – 2 = (15+15) – 2 = 28 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) sebesar 2,048,. Karena jumlah 3,51 > 2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesisnya (Ha) berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen”.
References
Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. Philanthropy: Journal of Psychology, 2(2),114.https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.115
Ari Laili Rochmah. (2018). Pengaruh Penguatan Positif dan Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Sisswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Confidence Of Fourt Grade Students Of State Elementary Schools In. Edisi 36 Tahun Ke 7.
Lina dan Klara Sr. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.
Rohmah, F. A. (2004). Pengaruh pelatihan harga diri terhadap penyesuaian diri pada remaja. Humanitas : Indonesian Psychologycal Journal, 1(1), 53–63.
Sarlito, S. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.
Sri Marjanti. (2015). Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa Kelas X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014.
Tejo Asmara. (2018). Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(3), 38–43. Retrieved from journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling Sekolah dan Madrasah. Jakar.
Tumiyem, Syamsiah. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas Xi Ma Pp Daarut Thaalibiin Kota Datar T.P. 2018/2019. JURNAL AL-IRSYAD Vol. VIII, No. 2.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)