PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI

Authors

  • Berta Desriana Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22689

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa 1) belum berani untuk mengemukakan pendapat didepan kelas, merasakan takut dan cemas dalam menghadapi penolakan, 2) belum bisa menyesuaikan diri dengan teman kelasnya, 3) masih terdapat siswa yang memandang rendah kemampuan diri sendiri yang mereka miliki, dan belum bisa menerima keadaan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 210 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa, diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata pre-test yaitu 73,47, sedangkan rata-rata post-test yaitu 85,20. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa hasil   sebesar 3,51 sementara   dengan db (n1+n2) – 2 = (15+15) – 2 = 28 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) sebesar 2,048,. Karena jumlah   3,51 > 2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesisnya (Ha) berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen”.

 

References

Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. Philanthropy: Journal of Psychology, 2(2),114.https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.115

Ari Laili Rochmah. (2018). Pengaruh Penguatan Positif dan Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Sisswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Confidence Of Fourt Grade Students Of State Elementary Schools In. Edisi 36 Tahun Ke 7.

Lina dan Klara Sr. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.

Rohmah, F. A. (2004). Pengaruh pelatihan harga diri terhadap penyesuaian diri pada remaja. Humanitas : Indonesian Psychologycal Journal, 1(1), 53–63.

Sarlito, S. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.

Sri Marjanti. (2015). Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa Kelas X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014.

Tejo Asmara. (2018). Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(3), 38–43. Retrieved from journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling Sekolah dan Madrasah. Jakar.

Tumiyem, Syamsiah. 2018. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas Xi Ma Pp Daarut Thaalibiin Kota Datar T.P. 2018/2019. JURNAL AL-IRSYAD Vol. VIII, No. 2.

Downloads

How to Cite

Desriana, B. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 386–394. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22689

Issue

Section

Articles