KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22690Keywords:
Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Puzzle, Hasil BelajarReferences
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2013. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta : Depdiknas.
Dewi, Puspa dkk. 2013. ”Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol .1 No. 1 Halaman 1-10 .
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamid, Sholeh. 2012. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press
Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khomsoh, Rosiana. 2013. ”Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar”. E-Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol .1 No. 2 Halaman 1-11 .
Kusumawati, Naniek. 2017. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo”. E-Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Vol .2 No. 1 Halaman 1-12 .
Muliawan, Jasa Ungguh . 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nisak, Raisatun. 2011. Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar – Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. http: //sindikker.dikti.go.id/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2016.
Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Hal. 29-36. Tersedia Pada: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/593.
Rumakhit, Nur. 2017. Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 02 Hal. 1-9. Tersedia Pada: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/55730c32a47f7fdf96d67740f223c0b2.pdf.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta:Rajawali Pers.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaubaba Dipantara.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Shimon, Aris.2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Suciaty al – azizy, A. 2010. Ragam Latiahan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, Ayu dkk. 2014. ”Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantu Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugusi Gusti Ngurah Rai Denpasar”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol .2 No. 1 Halaman 1-10 .
Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, Hal. 65-78. Tersedia Pada: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5718.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)