PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KONTROL DIRI

Authors

  • Alga Bisma Nugraha Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • G. Rohastono Ajie Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22692

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kontrol Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 69 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kontrol diri. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3,62. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,100. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 3,62 > ttabel = 2,100. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri  diri siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak tahun pelajaran 2019/2020” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kontrol diri siswa.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aviyah, Avi & M.Farid.2014. Religiusitas, Kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=religiusitas%2C+kontrol%2C+&btnG di unduh pada tanggal 2 April 2017).

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Malang.

Erlangga. 2018. “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Ketrampilan Berkomunikasi Siswa” Jurnal. Jurnal ilmiah psikologi vol 4.

Fatimah, E. (2010).Psikologi Perkembangan.Bandung: CV Pustaka Setia.

Ghufron, M.Nur & Risnawita, Rini. 2017. Teori-Teori Psikologi.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia

Gunarsa, Y.Singgih D. 2004. Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hamid. 2018. “Penerapan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal siswa SMK NEGERI 8 Makasar” Jurnal. Jurnal mimbar kesejahteraan sosial vol 1.

Hamidah, Sochibatul Nur. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Penguatan Positif (Positive Reinforcement) Terhadap Pengendalian Diri Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol 1, No.04

Hidayat. 2016. “Konsep diri, Adversty Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja” Jurnal. Jurnal Psikologi Indonesia vol 5.

Jannah. 2015. “Pelaksanaan layanan Bimbingn Kelompok dalam pemilihan kegiatan ekstrakurikuler di SMP NEGERI 1 Rantau” Jurnal. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur vol 1.

Lubis. 2017. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa SMA di Kota Bengkulu” Jurnal. Jurnal ilmiah Bimbingan dan Konseling vol 1.

Mukhtar, Yusuf Samsu, dan Budiamin Amin. 2016. Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia Vol 5, No 1.Diunduh pada tanggal 05 April pukul 18.25 WIB.

Nurhaini. 2018. “Pengaruh Konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Gadget Remaja SMAN 1 Tanah Grogot” Jurnal. Psikoborneo vol 6. Puspahayati, J. Q.2014. Self-Control Remaja Yang Mengikuti Karate dengan. Yang Tidak Mengikuti Karate. Ejournal: Universitas Muhammdiyah Malang Fakultas Psikologi. (http://ejournal.umm.ac.id/di unduh pada tanggal 4 Juni 2015).

Nurihsan, Juntika Achmad.2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama

Patty. 2016. “Hubungan dukungan sosial teman sebaya, Kontrol diri, dan jenis kelamin dengan prestasi belajar siswa di SMA Kristen YPKPM Ambon” Jurnal. Psikodimensia vol 15.

Prayitno. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (cet ke-3). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puspahayati, J. Q.2014. Self-Control Remaja Yang Mengikuti Karate dengan Yang Tidak Mengikuti Karate. Ejournal: Universitas Muhammdiyah Malang Fakultas Psikologi. (http://ejournal.umm.ac.id/di unduh pada tanggal 4 Juni 2015).

Romlah, T. 2001. Teori dan praktek Bimbingan kelompok. Malang: UNM.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Bandung : Rizqi Press.

Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukarno, Anton dan Venty. 2015. Statistik Pendidikan: Universitas PGRI Semarang.

Sutoyo Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Titisari. 2017. “Hubungan Antara Penyesuaian diri dan Kntrol diri dengan Perilaku Delikuen pada siswa SMA Muhamadiyah 1, Jombang” Jurnal. Psikodimensia vol 16.

Widyastuti. 2017. “Evalusi Layanan Bimbingan Kelompok di Sekolah Menengah Pertama Brdasarkan Model Kesenjangan” Jurnal. Jurnal Konseling GUSIJANG vol 3.

Winarlin. 2016. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP” Jurnal. Jurnal kajian bimbingan dan konseling vol 1.

Zuhara. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa” Jurnal. Jurnal Ilmiah Edukasi vol 1.

Downloads

Issue

Section

Articles