UPAYA PENINGKATAN PRESTASI KINERJA GURU MELALUI TEKNIK MEETING KEPALA SEKOLAH

I Ketut Ngurah Suka Darmasada

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendeskripsikan tentang Teknik Meeting oleh kepala sekolah sebagai upaya peningkatan prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo, dan 2).Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Teknik Meeting oleh kepala sekolah terhadap prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo. Subjek penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Mendoyo yang berjumlah 42 orang pada tahun pelajaran 2019/2020. Adapun data yang diamati selama penelitian ini adalah kinerja guru dan Teknik Meeting, data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner/lembar observasi yang telah ditetapkan sesuai dengan pedoman. Setelah data terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu mencari prosentase ketercapaian sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian tindakan sekolah ini. Seluruh kegiatan pada penelitian ini dilaksanakan hanya 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanakan Tindakan, 3). Pengamatan/observasi Tindakan, dan 4), Refleksi. Hasil penelitian dapat dikemukakan yaitu sebagai berikut: 1). Ada peningkatan prestasi kinerja guru yang sangat signifikan melalui Teknik meeting kepala sekolah di SMA Negeri 1 Mendoyo. Ini terbukti dari hasil nilai analisis siklus I rerata persentasenya adalah 64,40%  meningkat menjadi 76,47% pada siklus II, dan 2).  Besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri 1 Mendoyo dalam penelitian ini adalah 12,07%. Jadi berdasarkan hasil analisis yang telah ditekuman dalam penelitian tindakan sekolah ini, maka penulis dapat mengambil simpulan bahwa: Upaya peningkatan prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo, ternyata dapat ditingkatkan melalui Teknik Meeting Kepala Sekolah dengan hasil yang sangat signifikan.

 

 


Keywords


Prestasi Kinerja Guru; dan Teknik Meeting

Full Text:

PDF

References


Andriani Nutria. 2004. Analisis Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Mandiri Cabang Malang.Universitas Unibra.

Arikunto,Suharsini.1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional 2003. Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah Umum,Direktur Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdikbud.

Jati Sidi,Indra.2001. Menuju Masyarakat Belajar Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta:Paramadina Logos Wacana Ilmu.

Majid,Yusuf A.2000. Pengaruh Prilaku Pemimpin Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Industri Kecil Kembang Gula di Kodya Malang.Malang: Pasca Sarjana UNIBRA.

Nurhadi.2004. Pembelajaran Contekstual dan Penerapannya dalam KBK. Bandung: Rosdakarya.

Surya Dharma. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: PPPPTK.

Suharsini A.2007. Penelitian Tindakan Kelas, Bahan Pelatihan PTK untuk guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. Tahun 2005, Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Penerbit Cemerlang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24497

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24497.g15114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.