PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MELALUI LESSON STUDY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA

Ni. N. Sudiasih, I. G. Margunayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa kelas IV semester  genap yang mengikuti model pembelajaran group investigation melalui lesson study dengan siswa kelas IV semester genap yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SD Gugus VII Kecamatan Kubutambahan.  Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitin non-equivalent control post test control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Kubutambahan. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh SDN 1 Bontihing sebagai kelas kontrol dan SDN 2 Bontihing sebagai kelas eksperimen. Data penguasaan konsep IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung 2,65, dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa kelas IV semester  genap yang mengikuti model pembelajaran group investigation melalui lesson study dengan siswa kelas IV semester genap yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SD Gugus VII Kecamatan Kubutambahan.

 


Keywords


Kata kunci: Model Grup Investigation, Lesson Study, Penguasaan konsep IPA

Full Text:

PDF

References


Abizar, Hariz. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Inferensial. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan A. Prihantoro. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. 2001”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariawan, dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di Desa Sidetapa”. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1 (hlm. 1-10).

Ariawan, dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di Desa Sidetapa”. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1 (hlm. 1-10).

Ayuwanti, Irma. 2016. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SMK Tuma’ninah Yasin Metro”. Jurnal SAP. Vol. 1, No. 2 (hlm. 105-114).

Budiastra, dkk. 2015. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA”. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.

Budiastra, dkk. 2015. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA”. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.

Istikomah, dkk. 2010. “Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6. (Hlm. 40-43)

Mushoddik, dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta (Group Investigation Learning Model Influence on Critical Thinking Skills of MAN 6 Students Jakarta)”. Jurnal Geografi Education. Vol. 5, No. 2 (hlm. 1-10).

Nashruddin dan Nurrachamn, 2016. “The Implementation of Lesson Study in English Language Learning: A Case Study”. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 16, No. 2 (hlm. 169-176).

Nuraziza dan Rahma Suwarma, 2018. “Menggali Keterampilan Creative Problem Solving Yang Dimiliki Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM”. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 3, NO. 1 (hlm. 56-61).

Rahmawati, dkk. 2017. “Pengembangan Indikator 4 C’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran MatematikaSMP/MTS Kelas VIII Semester 1”. Jurnal Kadikma. Vol. 8, No. 3 (hlm. 21-30).

Richvana, dkk. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Tingkat Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar”. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 1 (hlm. 1-14).

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembagan. Jakarta: Prenada Media Group

Sulthon. 2016. “Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)”. Jurnal Elementary. Vol. 4, No. 4 (hlm 39-54).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24879

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF file view : 76 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24879.g15115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.