PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN SETING LESSON STUDY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881Keywords:
TGT (Teams Games Tournament), lesson study, sikap ilmiah.Abstract
Sampai saat ini sikap ilmiah IPA siswa masih rendah. Rendahnya sikap ilmiah siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang dianggap berpengaruh adalah model pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan seting Lesson study terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 1 Kubutambahan sebagai kolompok eksperimen dan SD Negeri 6 Kubutambahan sebagai kelompok kontrol. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 30 butir pernyataan. Penskoran kuesioner menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 9,56 dan ttabel pada taraf siginifikansi 5% dengan dk=70 adalah 1,99. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Seting Lesson Study terhadap sikap ilmiah siswa kelas IV Semester II di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Cahyaningsih, U. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD”. Jurnal Ckrawala Pendas Vol. 3 No. 1.
Faris, dkk. 2018. “The Effectiveness of Teams Games Tournament with Biodomino on Ecosystem Material to Enhance Student’s Activity and Learning Outcomes in Salatiga”. Junal of Biology Education.
Ibrahim & Hidayati. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegan”. Jurnal Argi Sains Vol. 5 No. 2.
Masaaki, Sato. 2014. “Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek “Learning Community”. Japan Internasional Cooperation Agency.
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munawir A, dkk. 2018. “The Influence of Using Teams-Games-Tournament (TGT) on Simple Present Tense”. Journal of English Edocation and Development Vol. 1 No. 2 p-ISSN: 2597-713.
Nugroho & Radia. 2018. “Improving the Natural Science Learning Result through the Implementation of Teams Games Tournament Learning Model Aided with Video Learning”. Journal of Educational Science and Technology Vol. 4 No. 1.
Prasetyo, H. 2018. “Telaah klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset”. Jurnal Teknik Industri Vol. 13, No. 1.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sohimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR.RUZZ. Media.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Indrani, P. A. M. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V”. Singaraja: e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja, e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 No. 1.
Widiadnyana, I. W. 2014. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP”. e-journal Program Pscasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol. 4.
Kusumaningrum, P. C. A. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2 No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)