Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph Di SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25822Keywords:
Pemecahan Matematis, Pendekatan Matematika Realistik, AutographAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantu Autograph dan pembelajaran Eksposioiri pada siswa kelas VIII SMP Al-Washliya 8 Medan serta interaksi antara KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, diperoleh sampel dua kelas yaitu VIII-1 dengan jumlah siswa 30 siswa dan kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 30. Pengolahan data dilakukan dengan pengujian awal yaitu uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya menguji hipotesis yang sesuai dengan rumusan masalah/hipotesis. Hasil penelitian menyatakan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik melalui PMR daripada Ekspositori dan tidak terdapat interaksi antara pembelajarn kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.
References
Anisa, W.N. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistic Untuk Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(1).
Armanto, D. 2002. “Teaching Multiplication and Division Realistically in Indonesian Primary Schools: A Prototype of Local Instructional Theory”. Doctoral Dissertation. Enschede: University of Twente.
Buchori, Achmad. 2010. Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3d Dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Dharmayanti, A., & Wijaya, A. (2018). Efektivitas Pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Ditinjau Dari Kemapuan Penalaran dan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(4), 29-37
Ghozi1 & Hilmansyah. 2018. Visualisasi Geometris Aplikasi Integral: Studi Penggunaan Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika Teknik. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (1).
Hasibuan, Nailul Himmi. 2016. Pemanfaatan Autograph Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Cahaya Pendidikan, 2(1).
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika cetakan kedua. Medan : Edira
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan Matematika Realistik terhadap pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202
Kartikasari, R, Nurrahmah, a., & Pujiati, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan, 5(2)
Matondang, K. (2016). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Medan : Tesis PPs Unimed. Tidak diterbitkan.
Rahman, A. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).
Sinaga, M. A. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X Sma Negeri 1 Tanjung Morawa Ta 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Sipayung, E. S. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Diajarkan Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Sma Negeri I Panombeian Panei T. A 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)