The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustika, G. N. S. (2018). Pengembangan konstruksi dan validasi tes konsep dasar Matematika. Journal of Education Technology, 2(1), 40–44. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13805
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4443
Atmaja, K. A. K., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe consept song berbasis lagu anak terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Sukawati tahun pelajaran 2018 / 2019. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17988/10735
Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan instrumen sikap sosial tematik siswa SD kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167
Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for learning in physical education: the what, why and how. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(8), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119
Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendidikan multikultural menggunakan permainan untuk mengembangkan karakter siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9569
Gusviani, E. (2016). Analisis kemunculan sikap spiritual dan sikap sosial dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96–100. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127
Habiby, W. N., & Sayekti, I. C. (2018). Pemenuhan hak anak dalam buku siswa kelas lima sekolah dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 64. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.4745
Herijanto, B. (2012). Pengembangan CD interaktif pembelajaran IPS materi bencana alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1). https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73
Inteni, K. A. S., Candiasa, I. M., & Suarni, N. K. (2013). Pengembangan instrumen tes objektif pilihan ganda yang diperluas berbasis web untuk mata pelajaran TIK kelas XI SMAN di Kabupaten Karangasem. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol 3(5). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1039/787
Juniarta, A. T., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal. 1(8), 1659–1664. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704
Kebudayaan, K. dan P. (2017). Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku (M. Khairiyah, R. Rahmat, W. A. Ratna, P. Rahmawaty, B. Prihadi, W. Pekerti, & S. Suharji (eds.); 4th ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Khamalah, N. (2019). Penguaan pendidikan karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/http://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Kusaeri, K., Aditomo, A., & Fuad, A. Z. (2018). Socioeconomic status, parental involvement in learning and student mathematics achievement in Indonesian Senior High School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kusuma, P. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap hasil belajar Pkn ditinjau dari sikap sosial siswa kelas V SD gugus kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11988
Muslimah, I., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pada outdoor learning di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 158–167. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7204
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(10), 1364–1379. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12845
Noviar, D. (2016). Pengembangan ensiklopedi Biologi mobile berbasis android dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255
Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I8.11405
Sanjiwana, P. P. C. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Suryani, E., & Aman, A. (2019). Efektivitas pembelajaran IPS melalui implementasi metode jigsaw ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.17376
Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5MS of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Utami, A. T., & Wardani, N. S. (2017). Pengembangan instrumen penilaian kognitif pembelajaran IPS siswa kelas 4 SD gugus Kanigoro Tingkir Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. 2.
Virani, I. A. D., Riastini, I. P. N., & Suarjana, I. M. (2016). Deskripsi sikap sosial pada siswa kelas 4 SDN Panarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7699/5251
Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Jurnal Cakrawala, XVII(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/2612/1797
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823
Article Metrics
Abstract view : 743 timesPDF file view : 160 times
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.g15586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id
Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.