Analysis of HOTS-Based Student Worksheet for High Grades in Elementary School

Dewi Sri Lestari, Intan Rahmawati, Diana Endah Handayani

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. High Order Thingking Skill (HOTS) di sekolah dasar dapat menambah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis Kerja Peserta Didik berbasis HOTS kelas tinggi di Sekolah Dasar. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS kelas tinggi di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD N Bugangan 02 Semarang dengan Subjek guru kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis Lembar Kerja Peserta Didik  berbasis HOTS kelas tinggi di Sekolah Dasar sudah di terapkan oleh guru dengan cukup baik. Lembar Kerja Peserta Didik  yang dibuat oleh guru sudah mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi),dan  C6 (mencipta) hal sesuai dengan hasil wawancara dan data dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa analisis  lembar kerja peserta didik berbasis HOTS kelas tinggi di SD N Bugangan 02 Semarang sudah terealisasi dengan baik. Saran yang dapat diberikan adalah dengan lebih menekankan kembali High order thingking skill (HOTS) ke dalam Lembar Kerja Peserta Didik sehingga dapat menjadikan pembelajaran yang lebih maksimal dalam menerapkan HOTS.

 

 




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.30210

Article Metrics

Abstract view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.