Analysis of Students' Learning Difficulty in Terms of Mathematics Problem Solving Ability in Elementary School

Dwi Sulistyani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami siswa pada materi pecahan terutama perbandingan pecahan (<, >, =) serta mengalami kesulitan dalam proses perhitungannya.Permasalahan pada penelitian ini adalah mengenai kesulitan-kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang yang ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Subjek yang diambil adalah 6 siswa kelas III SDN Gayamsari Semarang. tahun ajaran 2019/2020. Data diperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis kesulitan belajar dengan menggunakan metode polya, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang memiliki skor pada aspek memahami masalah sebesar 50 (33.3%) yang masuk kategori kesulitan sedang, aspek membuat rencana memiliki skor sebanyak 34 (22,60%) yang masuk kategori kesulitan tinggi, aspek menerapkan rencana memiliki skor sebanyak 95 (63,30%) yang masuk kategori kesulitan rendah dan aspek mengecek kembali memiliki skor sebanyak 98 (65,30%) yang masuk kategori kesulitan rendah. Kesulitan tersebut dikarenakan masih kurangnya pemahaman terhadap soal, kesalahan dalam menentukan strategi yang benar untuk menyelesaikan soal dan kesulitan dalam proses perhitungan serta daya tangkap anak yang rendah




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.30310

Article Metrics

Abstract view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.