Implementation of the STAD Learning Model Assisted by Audio Visual Media to Improve Students' Motivation and Learning Achievement

Dian Istiqorini Setiarufi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran. Motivasi awal peserta didik 69% (kurang) yaitu dari 14 peserta didik hanya 4 peserta didik yang memenuhi indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan guru masih mendominasi kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Pada proses pembelajaran, beberapa peserta didik tidak memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Ketika kerja kelompok, hanya beberapa peserta didik saja yang ikut mengerjakan tugas, sedangkan peserta didik yang lain tidak ikut mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivas dan prestasii belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions kelas V SD N Luwung 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data yang diambil yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 14 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah  analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi peserta didik. Motivasi belajar peserta didik pada siklus I mencapai 74% (cukup) sebanyak 8 peserta didik telah memenuhi indikator keberhasilan dan pada siklus II menjadi 81% (baik) sebanyak 12 peserta didik telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SD N Luwung 02.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.30556

Article Metrics

Abstract view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Educational Research and Review


Indonesian Journal of Educational Research and Review is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

Akreditasi SINTA 2        BASE Ekuitas

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.