Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Muatan IPA Kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya

Authors

  • Ni Putu Giriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.42430

Keywords:

Media Pembelajaran, Pop Up Book, IPA

Abstract

Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang memenuhi ketersediaan materi dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book  pada muatan IPA kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation,  dan evaluation). Namun pada tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilaksanakan karena adanya pandemi covid-19 dan pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada empat ahli yaitu ahli materi, ahli media dan dua ahli praktisi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli keterterimaan, dan 2 orang praktisi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Gregory yang telah dimodifikasi untuk mengetahui keterterimaan media pop-up book yang telah dikembangkan. Nilai yang diperoleh dari keempat ahli tersebut adalah 1,00 dengan kualifikasi keterterimaan produk sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book pada muatan IPA kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya dinyatakan  valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ni Putu Giriani, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Dasar

I Ketut Gading, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Dasar

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Dasar

References

Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 752. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762

Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 461–469. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Yerry Soepriyanto. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551

Dwi, Y., Septyarini, A., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Validity a nd Reliability : Early Childhood ’ s Locomotor Capability Assessment Instruments. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 540(Ictes 2020), 400–404. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271

Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema I Aku dan Cita-citaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223–230. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Laksono, D., Iriansyah, H. S., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 255–262. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/685/450

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

MS, B., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing the Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 502–521. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Mustofa, R., & Rohmatus Syafi’ah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran POP UP BOOK Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE ( Elementary School Education Journal ), 2(2), 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Oktaviarini, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Pahlawanku pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pena Sd, 03(02), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.932.g438

Paranna, M., & Airlanda, G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Multimedia Dan Media Sederhana Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(April), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3231

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907

Priyanti, N. L. S., Sujana, I. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Keterampilan Dasar Literasi Berbantuan Media Grafis Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Journal of Education Technology, 1(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11772

Rahayu, S., Bambut, K. E. N., & Fajaroh, F. (2020). Do different discussion activities in developing scientific argumentation affect students’ motivation in chemistry? Cakrawala Pendidikan, 39(3), 679–693. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32228

Rahmawati, D., & Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di Sdn Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 34. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.1.3

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Sobakhah, L. B., & Afakhrul Masub Bachtiar. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129

Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. universitas Pendidikan Ganesha.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop - Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Wati, E. K., & Widiansyah, N. (2020). Design of learning media: Modeling & simulation of building thermal comfort optimization system in building physics course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 257–266. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23504

Wilujeng, I., Tadeko, N., & Dwandaru, W. S. B. (2020). Website-based technological pedagogical and content knowledge for learning preparation of science teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 545–559. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.31228

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Published

2021-10-18

Issue

Section

Articles