Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Muatan IPA Kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.42430Keywords:
Media Pembelajaran, Pop Up Book, IPAAbstract
Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang memenuhi ketersediaan materi dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book pada muatan IPA kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Namun pada tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilaksanakan karena adanya pandemi covid-19 dan pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada empat ahli yaitu ahli materi, ahli media dan dua ahli praktisi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli keterterimaan, dan 2 orang praktisi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Gregory yang telah dimodifikasi untuk mengetahui keterterimaan media pop-up book yang telah dikembangkan. Nilai yang diperoleh dari keempat ahli tersebut adalah 1,00 dengan kualifikasi keterterimaan produk sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book pada muatan IPA kelas IV dengan Topik Bagian – Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 752. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762
Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 461–469. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Yerry Soepriyanto. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551
Dwi, Y., Septyarini, A., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Validity a nd Reliability : Early Childhood ’ s Locomotor Capability Assessment Instruments. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 540(Ictes 2020), 400–404. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271
Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema I Aku dan Cita-citaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223–230. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258
Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859
Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Laksono, D., Iriansyah, H. S., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 255–262. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/685/450
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294
MS, B., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing the Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 502–521. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Mustofa, R., & Rohmatus Syafi’ah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran POP UP BOOK Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE ( Elementary School Education Journal ), 2(2), 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Oktaviarini, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Pahlawanku pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Pena Sd, 03(02), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.932.g438
Paranna, M., & Airlanda, G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Multimedia Dan Media Sederhana Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(April), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3231
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Pramita, P. A., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907
Priyanti, N. L. S., Sujana, I. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Keterampilan Dasar Literasi Berbantuan Media Grafis Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Journal of Education Technology, 1(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11772
Rahayu, S., Bambut, K. E. N., & Fajaroh, F. (2020). Do different discussion activities in developing scientific argumentation affect students’ motivation in chemistry? Cakrawala Pendidikan, 39(3), 679–693. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.32228
Rahmawati, D., & Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di Sdn Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 34. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.1.3
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Sobakhah, L. B., & Afakhrul Masub Bachtiar. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129
Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019
Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. universitas Pendidikan Ganesha.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop - Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Wati, E. K., & Widiansyah, N. (2020). Design of learning media: Modeling & simulation of building thermal comfort optimization system in building physics course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 257–266. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23504
Wilujeng, I., Tadeko, N., & Dwandaru, W. S. B. (2020). Website-based technological pedagogical and content knowledge for learning preparation of science teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 545–559. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.31228
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)