MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634Keywords:
Minat Baca, Siswa Sekolah DasarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat baca dan tingkat minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono yang berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis berdasarkan observasi, wawancara, dan, angket dapat diperoleh bahwa minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 rendah. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi, ketekunan, sikap, kebiasaan membaca, serta kondisi fisik dan kesehatan. Minat baca siswa tidak akan muncul jika tidak terdapat kemauan, kesehatan, kondisi fisik, kecerdasan, dan motivasi dari dalam siswa. Perpustakaan yang seadanya, bahan bacaan yang sudah usang bahkan beberapa tidak layak pakai, rendahnya dorongan dari guru, tidak dorongan dari orang tua, orang tua yang tidak memfasilitasi dikarenakan ekonomi kurang, tidak ada perhatian orang tua terhadap minat membaca anak. kebanyakan orang tua lebih terfokus pada hasil belajar, pembiasaan membaca yang tidak didapatkan siswa sejak kecil. Pengaruh lingkungan dan teman bermain yang tidak terbiasa dengan membaca secara tidak langsung akan mempengaruhi minat baca siswa. Pengaruh teknologi yang tidak terkendali. Misalnya pengaruh smartphone atau gadget tidak digunakan dengan bijak, pengaruh acara televisi sehingga siswa melupakan tugasnya sebagai siswa.
References
Achmad, Alek.(2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Danim Sudarwan.(2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Elferida, K., & Rahmah, E. (2012). Peran Pustakawan Dalam Memotivasi Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Smk Tamansiswa Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 436-441.
Handayaningrum, Y. (2010). Penerapan Media Cerita Bergambar (Cergam) Untuk Meningkatkan Minat Baca Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Bahan Kimia Dalam Makanan Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009 (Doctoral Dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Hardika Yulinar A – E-Jurnal Skripsi Mahasiswa Pgsd.2018. Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Optimalisasi Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Universitas Pgri Semarang. Diakses 01 Oktober 2018 (12:40 Wib)
Hari S – E-Jurnal Skripsi.2008. Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Universitas Negeri Malang. Diakses 29 Oktober 2018 (21:18 Wib)
In Triatma – E-Jurnal Skripsi Mahasiswa Tp.2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Journal.Student.Uny.Ac.Id. Diakses 18 September 2018 (07:02 Wib)
Ismawati Esti Dan Faraz Umaya. (2016). Belajar Bahasa Di Kelas Awal.Ombak.
Kurnia, U. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar Pada Brosur Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6(2).
Masri S Putra. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Pt Indeks.
Moleong, Lexy J.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Parmadani, T. S., & Latifah, L. (2017). Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 505.
Rosidi Ajip. (1983). Pembinaan Minat Baca Bahasa Dan Sastra Daerah. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sari, N. P., & Lukitaningsih, R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Bk Unesa, 1(1).
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zuve, F. O. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Group Investigation. Jurnal Pendidikan Rokania, 1(2), 68-79.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)