PENGARUH INTENSITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMATANGAN KARIR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16365Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas layanan bimbingan karir terhadap kematangan karir siswa kelas XI di SMK Kristen (BM) Salatiga. Berdasarkan tujuannya, pendekatan penelitian ini digolongkan penelitian ex post facto, sementara dari jenis datanya, penelitian ini dikategorikan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dan sampel penelitian ini adalah 85 orang kelas XI SMK Kristen (BM) Salatiga. Jenis data yang digunakan adalah data primer, teknik pengambilan data menggunakan metode angket dimana peneliti menggunakan teori dari Super (dalam Setyorini, 2012) untuk variabel kematangan karir dan teori dari Winkel (dalam Andini, 2008) untuk variabel intensitas bimbingan karir. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan Intensitas Bimbingan Karir terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XI SMK Kristen (BM) Salatiga”, dibuktikan nilai signifikansi hasil penelitian (0,000) < 0,05, dengan R Square sebesar 0,279, artinya bahwa sumbangan relatif intensitas bimbingan karir terhadap kematangan karir sebesar 29,90%, sisanya oleh variabel lain.
Kata-kata kunci : Intensitas Bimbingan Karir, Kematangan Karir Siswa, Siswa Kelas XI SMK Kristen (BM) Salatiga, Regresi Liner Sederhana
Referensi
Andini, Rahmalia. (2008). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan Konseling dan Intensitas Pemanfaatan Layanan Bimbingan Konseling di SMA PGRI 109 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah [diakses 22 Mei 2018].
Anshari, H.M. Hafi. (1996). Kamus Psichologi. Surabaya: Usaha Nasional.
Arifah. (2005). Pengaruh Bimbingan Karier Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karier Pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial-UNNES [diakses 19 Maret 2018].
Azwar, Saifuddin. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budisiwi, Hastin. (2013). Model Bimbingan Karir Holland Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa. Skripsi. FKIP-Universitas Pancasakti Tegal [diakses 16 Maret 2018].
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. ed. rev. Jakarta: Balai Pustaka.
Fudyartanta. (2010). Tes Bakat dan Perskalaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jakarta: Erlangga.
Hazim, Nurkholif. (2005). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT, Pustekom, IPTPI.
Juantika, Nurhisan Ashmad. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: PT.Refika Aditama.
Juwitaningrum, Ita. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK (Career Counseling Program to Improve Career Maturity Students of SMK). Jurnal Bimbingan dan Konseling PSIKOPEDAGOGIA, Vol. 2, No. 2 (2013), hal. 132-147.
Khairun, Deasy Yunika. (2014). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Tesis. BK-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa [diakses 16 Maret 2018].
Linasari, Weni. (2012). Hubungan Antara Adversity Intelligence Dengan Kematangan Karir Siswa Pada Siswa SMK Negeri 2 Temanggung. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora. UIN Sunan Kalijaga [diakses 16 Maret 2018].
Mochamad, Nursalim. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling.
Nurillah, S.A. Lilly. (2017). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 1(1), pp. 67-85.
Osipow. (1983). Theorise Off Career Development. Massachusset: Allyn & Bacon.
Penney, Upton. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.
Prasetyo, Dhimas Fajar. (2015). Pengaruh Minat Karir Terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Sawunggalih Kutoarjo. Skripsi. FKIP-UNY [diakses 19 Maret 2018].
Setyorini. (2012). Pengembangan Inventori Kematangan Karir Bagi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Tesis. Program Pascasarjana-Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang [diakses tanggal 4 Juni 2018].
Sharf, S, Richard. (2006). Applying Career Development Theory to Counseling. Canada.University of Delaware.
Sri Hastuti, dan W.S.Winkel. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang. Bimbingan Konseling Sekolah. Semarang: Tim Pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang.
Utomo, Edy Prasetyo. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Dalam Pemahaman Karir Siswa Kelas X di SMK Perdana I Yamassa Surabaya. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya [diakses tanggal 4 Juni 2018].
Walgito, Bimo. (2005). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, F. (2007). Hubungan Antara Kematangan Karir Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X MAN. Cibinong. Bogor: Jurnal. Psikologi-Universitas Gunadarma.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)