PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN

Penulis

  • Ni Wayan Murjani SMP Negeri 2 Kerambitan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21811

Abstrak

Pencapaian prestasi belajar PPKN siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 2 Kerambitan berada di bawah KKM. Nilai rata-rata yang dapat diperoleh hanya 65,78, sedangkan tuntutan KKM adalah sebesar 70. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar PPKN. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKN telah membuat prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 67,13 meningkat menjadi 69,81 pada siklus I. Lalu pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 76,97. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 9,84 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 25,00% pada data awal menjadi 53,13 % pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 93,75 %. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.

Referensi

Anita Lie. 1994 Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri Manajemen Sekolah Bermutu.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2019-10-30

Cara Mengutip

Murjani, N. W. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 311–318. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21811

Terbitan

Bagian

Articles