PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21811Abstrak
Pencapaian prestasi belajar PPKN siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 2 Kerambitan berada di bawah KKM. Nilai rata-rata yang dapat diperoleh hanya 65,78, sedangkan tuntutan KKM adalah sebesar 70. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar PPKN. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKN telah membuat prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 67,13 meningkat menjadi 69,81 pada siklus I. Lalu pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 76,97. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 9,84 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 25,00% pada data awal menjadi 53,13 % pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 93,75 %. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.Referensi
Anita Lie. 1994 Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri Manajemen Sekolah Bermutu.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)