MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI BIMBINGAN KONSELING

Penulis

  • Ni Made Supariati SMP Negeri 2 Kerambitan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21815

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 2 Kerambitan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia di sekolah. Datanya diperoleh menunjukkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 45% dari 24 siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM. Sehingga perlu adanya Bimbingan Konseling dalam meningkatkan Prestasi belajar Bahasa Indonesia tersebut. Setalah dilakukan Bimbingan Konseling pada siswa kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Kerambitan terjadi peningkatan yang signifikan, yakni pada siklus I meningkat menjadi 63% dengan rata-rata 74 sedangkan pada siklus II menjadi 90% dengan rata-rata 81. Hal ini menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambiatan.

Referensi

A Hallen, Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ciputat Pers : 2002.

Sofyan S. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung : Alfabeta, 2007.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2019-11-01

Cara Mengutip

Supariati, N. M. (2019). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI BIMBINGAN KONSELING. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 325–331. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21815

Terbitan

Bagian

Articles