PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kerambitan Kelas VIII A Semester I Tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika masing rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 71,37, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 77,37 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 82,16. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambitan Tabanan.Referensi
Abdullah. 2002. “Fungsi Prestasi belajar Siswa” http://www.scribd.com/doc/9037208/. (diakses tanggal 20 Oktober 2014).
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: FIP IKIP Negeri Singaraja.
-------. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.Jakarta: BSNP.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)