MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SUBTEMA MANFAAT ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22309Kata Kunci:
Model Make a Match, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.Abstrak
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Pembelajaran yang dilakukan guru sebelumnya kurang efektif terhadap hasil belajar siswa. Penyampaian materi yang diberikan guru masih kurang menarik perhatian siswa sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar, siswa memerlukan modal pembelajaran untuk memahami materi pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar subtema manfaat energi menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa kelas 4 SDN Campuranom Kabupaten Temanggung Semester 1 Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Campuranom Kabupaten Temanggung yang terdiri dari 29 siswa. Metode penelitian mengacu pada pengembangan siklus Kemmis dan Tagart. Hasil penelitian pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Campuranom semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut didasarkan pada rerata nilai prasiklus sebesar 65,17 dengan ketuntasan belajar 37,93% meningkat menjadi 68,1 dengan persentase ketuntasan 62,07% pada siklus 1; selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 77,07 dengan persentase ketuntasan mencapai 82,76%.
Referensi
Asmiranti, Yayu Laras. 2016. Penggunaan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Ciri – Ciri Khusus Makhluk Hidup Kelas VI. Skripsi. Universitas Pasundan.
Jasmini. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Make a Match Berbantuan Media Papan Flanel pada Siswa Kelas IV SDN Pudakpayung 02. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Ovandra, Rizal. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Lampung.
Ramadhan, Alif Insan. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas III SDN Ringinsari Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Sakerebau, Elda Sanfitri. 2017. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match IPA Kelas IV SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 5 (6).
Saputra, Donni. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Make A Match Di SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan. Konseling dan Pendidikan. Vol. 5 (3), 149 – 155.
Sektiaji, Irenius Emanuel. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas 5 SD. JPI, Vol. 3 (3).
Sutarmiyati, Putri. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match pada Pelajaran IPA Kelas V. Pendidikan Matematika dan Sains, Edisi 34 (5).
Yulianto, Ahmat. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Yunita, Ema. 2018. Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema Membudidayakan Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)