PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22688Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling Simbolik, Kedisiplinan.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkankan kedisiplinan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,89. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,89 > ttabel = 2,131. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik dapat meningkatkankan kedisiplinan siswa.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti. 2012. Buku Pintar Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:Araska
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategibelajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamzah. 2008. Model Pelajaran “ Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif”. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hartinah 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Lewis. 2004. Dilema Kedisiplinan. Jakarta: PT Grasindo Widiasarana Indonesia
Lilis, Ratna. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.
Maulana, Riki. 2016. Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 1 Juni 2016
Mugiarso, Heru, dkk. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press.
Nurihsan, Ahmad Juantika. 2009. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nurikhsan, Achmad jentika. 2014. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konsling. Jakarta: Rineka Cipta.
Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rintyastini.2006. Bimbingan dan Konseling 2. Jakarta:Erlangga.
Roshita. 2014. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Pekalongan: SMP Wonopinggono. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Volume 16 Pada 17 April 2018.
Soegeng. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Anton dan Venty. 2015. Statistik Pendidikan: Universitas PGRI Semarang.
Sukarno, Anton. 2008. Statistik Lanjut. Surakarta. UNS Press.
Sutanti, Tri . 2015. Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi Bk Universitas Ahmad Dahlan . Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 1 Nomor 2 Desember 2015.
Tohirin. 2015. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi)Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.
Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan tenaga perguruan tinggi.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)