Penerapan Model Creative Problem Solving Pada Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Ni Wayan Monik Rismadewi STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.23217

Abstrak

Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran Creative Problem Solving diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIIF Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Singaraja yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya agar guru mata pelajaran bahasa inggris mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris anak didiknya sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Belajar yang diharapkan yakni 70. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving bisa meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 67,94 siklus I meningkat menjadi 72,31, siklus II meningkat menjadi 80,12. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving yang diterapkan guru mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 2 Singaraja dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta model pembelajaran ini dapa

Referensi

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo.2004. Pskologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ardi, Havid. 2007. Jurnal Bahasa dan seni Vol.I Edisi januari- April 2007. http://callhavid.wordpress.com/my-articles/01-profil-gaya-belajar-bahasa-inggris-siswa-sma-negeri-7-kota-padang/

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Berns, Robert G. and Erickson, Patricia M. 2001. Creative Problem Solving: Preparing Students for the New Economy. http://www.learningrx.com/learning-styles.htm

Dewi, E P. 2008. Skripsi. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMA. FPMIPA UPI. Bandung.

Depdiknas. 2002. Creative Problem Solving. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 2 No. 3, October 2019

P-ISSN: 2621-4792, E-ISSN: 2621-8984

Indonesian Journal Of Educational Research and Review | 310

-------. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Irfan, Moh. 2006. Evaluasi Terhadap Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Creative Problem Solving Berdasarkan Kurikulum 2004 pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negri Selong Lombok Timur. Undhiksa, Bali.

Johnson, Elaine B. Creative Problem Solving. http://kafeilmu.com/2011/05/penilaian-autentik-dalam-ctl.html

Suartika, I Putu. Creative Problem Solving in English Classes in International Standard Senior High School in Denpasar: Teacher’s Perception and Pedagogical Practices The Academic year 2007/ 2008. Undhiksa. Bali

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Rosda. Bandung.

Tim Penyusun, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Cara Mengutip

Rismadewi, N. W. M. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Pada Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 302–310. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.23217

Terbitan

Bagian

Articles