Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Aplikasi, AndroidAbstrak
Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan penggunaan mobile learning (media aplikasi berbasis android) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika. Penulisan ini dilatar belakang oleh masih kurangnya penguasaan materi sehingga pembelajaran yang diterapkan belum maksimal. Untuk itu perlu ada inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yaitu media aplikasi berbasis android. Media pembelajaran aplikasi berbasis android ini sebagai proses pemecahan masalah agar siswa menjadi termotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel hasil penelitian yang sudah terpublikasi untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa mobile learning (media aplikasi berbasis android) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemui dalam proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android dapat mengaktifkan partisipasi peserta didik di kelas bahkan dapat mengaksesnya di rumah atau dimanapun. Dengan demikian, perlunya kesiapan pendidik dan juga peserta didik dalam menerima era perkembangan teknologi abad ini.
Referensi
Amin, A.K. & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. Magistra, 12-23.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57 - 62.
Bano. M., Zowghia. D., Kearney. M., Schuck. S., & Aubusson. P. (2018). Mobile learning for science and mathematics school education: A systematic review of empirical evidence. Computers & Education,121 (2018) 30–58.
Damayanti. A.E., Syafei. I., Komikesari H., & Rahayu. R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education ,01 (1) , 63-70.
Fitriani. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi Pada Siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Biotek, Vol. 5 (1).
Lu'mu. (2017). Learning Media Of Applications Design Based Android Mobile Smartphone. International Journal of Applied Engineering Research, 6576-6585.
Marhadini, S.A.K., Akhlis, I,. & Sumpono, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal,6(3), 39-43.
Martono, K.T.,& Nurhayati, O.D (2014). Implementation Of Android Based MobileLearning Application As A Flexible Learning Media. Ijcsi International Journal Of Computer Science Issues, Vol. 11, Issue 3, No 1.
Nana. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 190-195.
Nana & Pramono, H. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Diffraction, 1(1) , 1-10.
Nana & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 82-90.
Nurohimah,S., Wahyudin & Partono M. (2014).Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Untuk Smp Kelas VII Berbasis Android. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut,75-84.
Nuroifah, N. & Bachtiar Syaiful Bachri, B.S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. UNESA, 1-10.
Parwati, N. N., Suryaman, I. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Prasetyo, Y.D., Yektyastuti, R., Dkk. . (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 252-258.
Ramdhani, A.M., & Muhammadiyah, H. (2015). The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education. Proceeding International Conference of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges, 174-182.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. Diffraction, 1(1), 22-33.
Sukmawati, F. (2016). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi Smp Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi Uan Di Smp Islam Bakti 1 Surakarta . Jurnal Teknologi Informasi, XI(31), 1-7.
Syarif.I,. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas IV. Edumaspul, Volume 1–Nomor 1, 48-60.
Yuniati, L. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran Fisika yang Menyenangkan. JP2F,92-101.
Yektyastuti, R. & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
Zydney, J.M., & Warner, Z (2016). Mobile apps for science learning: Review of research. Elsevier Computers & Education, 94 (2016) 1-17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)