Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24871Kata Kunci:
visual auditory kinestethic, lingkungan, IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic bernuansa lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 474 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengudian untuk penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas VA SD Negeri 6 Ubung yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 4 Ubung yang berjumlah 42 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 25 soal yang sudah divalidasi. Nilai gain skor dinormalisasi dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 5,448 > ttabel (ɑ=0,05, dk=74) = 2,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic bernuansa lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan.
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising
Ardiani, Ni Wyn. 2014. Model Brain Based Learning (BBL) Bernuansa Lingkungan Sekitar Berpengaruh Terhadap Kompetensi pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Huda, Miftahul. 2018. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kardiyasa, I Komang. 2016. “Determinasi Kecenderungan Tipe Belajar Visual Auditory Kinestetik (VISUAL AUDITORY KINESTETHIC) Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas V di Gugus I Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 4, Nomor 1.
Ngalimun. 2011. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV: Aswaja Pressindo.
Samatowa, usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Indeks.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setiawan, Denny dkk. 2011. Komputer dan media pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Soyomukti, Nurani. 2016. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryantini, Ni Wayan Nanik. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 Nomor 2.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)