Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • I Kadek Sastra Adi Merta Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wayan Darsana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24871

Kata Kunci:

visual auditory kinestethic, lingkungan, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic bernuansa lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 474 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengudian untuk penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas VA SD Negeri 6 Ubung yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 4 Ubung yang berjumlah 42 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 25 soal yang sudah divalidasi.  Nilai gain skor dinormalisasi dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 5,448 > ttabel (ɑ=0,05, dk=74) = 2,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic bernuansa lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan.

 

 

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising

Ardiani, Ni Wyn. 2014. Model Brain Based Learning (BBL) Bernuansa Lingkungan Sekitar Berpengaruh Terhadap Kompetensi pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Huda, Miftahul. 2018. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardiyasa, I Komang. 2016. “Determinasi Kecenderungan Tipe Belajar Visual Auditory Kinestetik (VISUAL AUDITORY KINESTETHIC) Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas V di Gugus I Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 4, Nomor 1.

Ngalimun. 2011. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV: Aswaja Pressindo.

Samatowa, usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Indeks.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setiawan, Denny dkk. 2011. Komputer dan media pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Soyomukti, Nurani. 2016. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryantini, Ni Wayan Nanik. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5 Nomor 2.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Diterbitkan

2020-05-14

Cara Mengutip

Adi Merta, I. K. S., Darsana, I. W., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 65–76. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24871

Terbitan

Bagian

Articles