Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24880Kata Kunci:
Make A Match, Audio Visual, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 518 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak kelas IV SD No. 2 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak kelas IV A SD No. 1 Kerobokan Kaja sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes objektif dengan bentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan harga thitung = 5,128 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 70 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuaan IPA kelompok yang dibelajarkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Demikian pula rata - rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen lebih dari rata – rata kelompok kontrol (0,52 > 0,32). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media Audio Visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya atau menemukan inovasi kegiatan pembelajaran lainnya yang bermakna bagi siswa.
Referensi
Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: Andi
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ridwan, Abdullah Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sulistyowati, Eka dan Asih Widi Wisudawati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Medua Pembelajaran Visual-Audi Visual – Komputer – Power Point – Internet – Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)