ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183Kata Kunci:
Kompetensi Pedagogik, Guru, Keterampilan Dasar MengajarAbstrak
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada abad-21 ini, guru profesional dituntut untuk memiliki 4 kompetensi guru, diantaranya yaitu kompetensi pedagogik yang mempunyai peranan penting karena berhubungan langsung dengan tugas pokok seorang guru, yakni terkait dengan kemampuan yang terfokus pada pelaksanaan proses belajar mengajar dan pengelola proses pembelajaran dengan menerapkan keterampilan dasar mengajar. Tetapi, masih terdapat guru yang melaksanakan pembelajaran menggunakan pola tradisional dan belum menerapkan keterampilan dasar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang yakni ada 8 keterampilan dasar mengajar antara lain, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok, dan keterampilan mengajar perseorangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah bagi Kepala SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang, saran terbaik untuk lebih memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan dan keadaan yang ada di sekolah, keadaan guru, karyawan, dan peserta didik. Bagi guru hendaknya selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya agar para peserta didik dapat belajar lebih giat. Serta dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Bagi para peneliti mendatang, disarankan untuk memperhatikan keterbatasan dalam penelitian ini sehingga penelitian yang akan datang dapat terlaksana secara baik.
Referensi
Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016.
Basuki, Habib Try. 2017. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Tawangmangu.” Jurnal UMS. Volume 3, Nomor 2, halaman 1-14. http://eprints.ums.ac.id/56830/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf Diakses pada tanggal 2 September 2019 pukul 19.23.
Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : LaksBang PRESSindo.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikukum 2013). Yogyakarta : Gava Media.
Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3, Nomor 1, Desember 2017.
Kristiana, Dini dan A. Muhibbin. 2018. “Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP” Managemen Pendidikan. Volume 13, Nomor 2, halaman 204-209.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar:Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif & Edukatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. 3, Bandung: PT. Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Peratutan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan.
Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
Shintia Revina. 2019. Skor PISA Melorot, Disparitas dan Mutu Guru Penyebab Utama. Artikel. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/13524501/skor-pisa-melorot-disparitas-dan-mutu-guru-penyebab-utama?page=all
Diakses pada tanggal 8 Desember 2019 pukul 21.25.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Wijayanti, Takdir Sukmo . 2014. Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Polanharjo Klaten . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1, November 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)