Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kompetensi Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79558Keywords:
Pendekatan Saintifik, Media Pop-up Book, Keterampilan Menulis DeskripsiAbstract
Menurunnya kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi persoalan yang harus segera diatasi di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media Pop-Up Book terhadap kompetensi keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non- equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Oleh karena itu, didapatkan jumlah siswa 24 orang sebgai kelas eksperimen dan 23 orang adalah kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes essay yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen yaitu 80,417 lebih tinggi dari nilai rata-rata kontrol yaitu 70,217. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh t-hitung = 4,519 dan t-tabel = 2,014 untuk dk = n1+n2-2 = 45 dengan taraf signifikansi 5%, karena t-hitung > t-tabel, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas V SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Heta Maja Pratiwi, I Wayan Sujana, Ida Bagus Gede Surya Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)