Mengoptimalkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Couple Card

Authors

  • Ni Putu Putri Trisnadewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.75196

Keywords:

Model Problem Based Learning, Media Couple Card, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstract

Proses pembelajaran guru di sekolah dasar belum maksimal karena masih menggunakan metode ceramah tanpa berbantuan dengan media untuk menunjang ketercapaian pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model problem-based learning berbantuan media couple card terhadap kompetensi pengetahuan siswa muatan materi IPS. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain quasi experiment dan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 576 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis melalui statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data uji-t, diperoleh t-hitung sama dengan 8,720 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk sama dengan 68 diperoleh t-tabel sama dengan 1,995. Dengan demikian, nilai t-hitung 8,720 lebih dari t-tabel 1,995, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan muatan materi IPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas VI SD. Dengan demikian pembelajaran problem based learning berbantuan media couple card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan muatan materi IPS siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini diharapkan guru mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media couple card dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Published

2024-08-01

How to Cite

Trisnadewi, N. P. P. ., & Wulandari, I. G. A. A. . (2024). Mengoptimalkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Couple Card . Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.75196