Mengoptimalkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa melalui Model Problem Based Learning berbantuan Media Couple Card
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.75196Kata Kunci:
Model Problem Based Learning, Media Couple Card, Kompetensi Pengetahuan IPSAbstrak
Proses pembelajaran guru di sekolah dasar belum maksimal karena masih menggunakan metode ceramah tanpa berbantuan dengan media untuk menunjang ketercapaian pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model problem-based learning berbantuan media couple card terhadap kompetensi pengetahuan siswa muatan materi IPS. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain quasi experiment dan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 576 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis melalui statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data uji-t, diperoleh t-hitung sama dengan 8,720 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk sama dengan 68 diperoleh t-tabel sama dengan 1,995. Dengan demikian, nilai t-hitung 8,720 lebih dari t-tabel 1,995, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan muatan materi IPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas VI SD. Dengan demikian pembelajaran problem based learning berbantuan media couple card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan muatan materi IPS siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini diharapkan guru mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media couple card dalam menunjang pembelajaran di kelas.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Putu Putri Trisnadewi, Anak Agung Gede Agung, I Gusti Agung Ayu Wulandari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)