Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah

Authors

  • Ni Ketut Purniwantini SD Negeri 1 Baktiseraga, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45864

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Mata pelajaran matematika menjadi pelajaran yang tidak disukai oleh siswa. Matematika dianggap sulit dan banyak rumus-rumus yang harus dihafalkan, juga banyak hitungan yang rumit. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIA SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VIA yang berjumlah 29 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Data penelitian ini hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIA dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1860, rata-rata 69, daya serap 69%, ketuntasan belajar 67%) dan siklus II (jumlah 2175, rata-rata 81, daya serap 81%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 12% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 26%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIA SD dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan penerapan model pembelajaran dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Al-Haq, T. S., Ahyani, N., & Suryani, I. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Mesuji. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.628311

Budiyono, S., & Ngumarno. (2019). Improving student learning achievements through application of the student teams achievement divisions (STAD) method. Journal Of Applied Studies In Language, 3(2), 140 – 147. https://doi.org/10.31940/jasl.v3i2.1370. DOI: https://doi.org/10.31940/jasl.v3i2.1370

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Lina Herlina. (2019). Realistic Mathematics Education ( Rme ) Sebagai Sebuah Pendekatan Pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Realistic Mathematics Education ( Rme ) As an Approach To Development of Mathematical Module Based on Multiple Intel. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 328–332. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Kadang, S. A., & Nainggolan, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236

Lastia, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31561

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2021). Exploring the computational thinking of our pre-service mathematics teachers in prepare of lesson plan. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012101. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101

Mahartania, S. Q. G., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB Dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 430–439. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p430-439. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p430-439

Parmin, P., Junaedi, I., Purwantoyo, E., Mubarak, I., Toni, M., & Fitriani, F. (2020). Character Index of Mathematics and Science Student Teachers in Online Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 381. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.26418. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.26418

Prayitna, R. S. H. (2018). Pembelajaran STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar memprogram mesin CNC. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124–133. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391

Putri, K. C., & Sutriyono, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295–306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358

Putri, S. A. L. E., Prawiyogi, A. G., & Asmara, A. S. (2021). Analisis Model Cooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(1), 456 – 463. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.785. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.785

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860

Sa’adiah, H., Syaiful, S., Hariyadi, B., & Yudistira, P. (2021). Student team achievement divisions (STAD) and jigsaw learning in terms of numerical abilities: The effect on students’ mathematics learning outcomes. Desimal: Jurnal Matematika, 4(3), 247 – 260. https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746

Sari, N. P. I. K., Arnyana, I. B. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607

Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33300

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Telaumbanua, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli Pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 173–177. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1903. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1903

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716–725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Purniwantini, N. K. (2022). Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah. Journal of Education Action Research, 6(4), 505–510. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45864