Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran Students Team Achievement Division
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.51552Keywords:
Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, PenjasorkesAbstract
Kegiatan pembelajaran yang masih dilakukan dengan berpusat pada guru berakibat pada kurangnya aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes melalui Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat empat tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 20 orang siswa kelas VI SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar penjasorkes mengalami peningkatkan, ini dibuktikan perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1450, rata-rata 73, daya serap 73%, ketuntasan belajar 70%) dan siklus II (jumlah 1650, rata-rata 83, daya serap 83%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes.
References
Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk PembelajaranSepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 43–53. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3052.
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.
Bakhrudin. (2019). Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Materi Sepak Bola di Kelas V SD Negeri 1 Pasar Batu. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5(1), 63–68. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/560.
Budiarti, A., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Tahapan dan Karakter Perkembangan Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 20–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.6943229.
Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832.
Deffri, A., & Supriyanto. (2019). Tinjauan Metode Mengajar Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Mata Pelajaran Penjasorkes. Jurnal Kesehatan Jasmani, Kesehatan Rekreasi, 1(2), 9–25. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/e-SPORT/article/view/2195.
Eksanurianto, W. T., Supriatna, E., & Hidasari, F. P. (2021). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Meliau. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 8(1), 19–29. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.317.
Giartama, Hartati, Destriani, & Victoriand, A. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Sebatik, 1(1), 167–171. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/334.
Gingga, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(2). https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.
Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469.
Hasnah, H. (2022). Penerapaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VI SDN 30/X Kampung Laut T.A 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 474–485. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.461.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1 .5359.
Jalal, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP N 17 Halmahera Utara. Jurnal Dinamika Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.36412/dilan.v4i1. 3458.
Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440.
Khaulani, F., Neviyarni, & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659 /pendas.7.1.51-59.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Lamut, T., Hariyani, S., & Dinnullah, R. N. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6262.
Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. https://doi.org/10.23887/ jppp.v4i3.27414.
Mutia, M., Warni, H., & Sarmidi, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Keapada Peserta Didik Di SD Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7623.
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204. https://doi.org/ 10.33578/jpfkip.v7i2.6287.
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130. https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.
Prawiro, D., Syafrial, S., & Yarmani, Y. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepahiang. Sport Gymnastics : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14779.
Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.63-67.
Rambe, A. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 51–62. https://doi.org/10.53915/ jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/ assabiqun.v2i1.611.
Sugiarto, B. G. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Inklusi. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 105. https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3011.
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865–870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392.
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee. v3i3.19450.
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar .v4i1.1754.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gede Sugiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.