Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Gede Sugiarta SD Negeri 3 Tukadmungga, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45855

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif, STAD, Penjasorkes

Abstract

Keterlibatan siswa secara langsung kurang diperhatikan dan guru kurang memperhatikan antara siswa yang lebih terampil ataupun yang kurang terampil akibatnya siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar penjasorkes mengalami peningkatkan, ini dibuktikan perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1450, rata-rata 73, daya serap 73%, ketuntasan belajar 70%) dan siklus II (jumlah 1650, rata-rata 83, daya serap 83%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Simpulan penelitian ini menunjukkan penerapan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi. Selain itu, memudahkan guru dalam menyampaikan materi.

References

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005

Al-Haq, T. S., Ahyani, N., & Suryani, I. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Mesuji. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277

Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64

Astrawan, K. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.350.

Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743

Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1416. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 6(4), 3242 – 3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847. DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847

Kadang, S. A., & Nainggolan, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236

Kusumawati, O., & Nugroho, A. W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Penjasorkes Melalui Aktivitas Jelajah Alam Sekitar Sekolah (Ajass) Bagi Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Sekota Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4777. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4777

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143

Lastia, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31561

Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Soal Cerita Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179–188. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8683.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Marheni, Sujana, & Putra, S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438.

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p38-44. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p38-44

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sari, W. P., & Montessori, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275–5279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527

See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurna Basicedu, 4(4), 1212 – 1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522

Setiawan, H., Rusmiati, R., & Ismail, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 16–23. DOI: https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1166

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.

Suparmini, Made. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2014). Development of Interactive Multimedia Learning in Pencak Silat Theory and Practice Courses. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa: Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117–124. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472

Wahyuningsih, S. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 3(3), 137–146. https://doi.org/10.36312/%20(jsm).v3i3.583.

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Sugiarta, G. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 453–459. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45855