Penerapan Metode Drill Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54640Keywords:
Metode Drill, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas IV sekolah dasar, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2000, rata-rata 63, daya serap 63%, ketuntasan belajar 66%) dan siklus II (jumlah 2265, rata-rata 71, daya serap 71%, ketuntasan belajar 88%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 22%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill pada siswa kelas IV sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
References
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/JPPP.V4I2.26781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur: Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Grahito Wicaksono, A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan STEAM dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98
Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSIIKIPPGRIBojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578
HP, H. (2022). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila terhadap Siswa Kelas IV SDN 09 Mattekko Palopo. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 673–686.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Khotimah, N. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Siswa Smpn 4 Tapung Hilir. JETE:Journal of Education and Teaching, 1(1). https://doi.org/0.24014/jete.v1i1.7895. DOI: https://doi.org/10.24014/jete.v1i1.7895
Kurnia, N. R., Ruqoyyah, S., & Viani, U. (2020). Penerapan Metode Drill Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas II SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8024. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8024
Kusumayuni, P. N., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Model Discovery Learning Berbasis STEAM: Dampaknya Terhadap Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 186–195. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59771. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59771
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIRA : Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 418–429. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107
Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765
Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Fivecone Snake Drill, V-Drill Dan Lateral Two In The Hole,In Out huffle Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039.g6746. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039
Pamungkas, T. S., & Hariyoko. (2018). Pengaruh Metode Drill Dan Metode Barrier Hops Terhadap Hasil Belajar Shooting. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.17977/um040v2i1p46-51. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v2i1p46-51
Partini. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(3), 123–130. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i3.46469. DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33820
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34
Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). Pemanfaatan Metode Drill And Practice Pada Sub Pokok Class Diagram Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048. DOI: https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577
Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788. DOI: https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788
Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Himpunan Kelas Vii Pada Suatu Smp Di Sentani [The Implementation Of The Drill Method To Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes Of Sets In A Grade 7 Class At A Junio. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Sukandi, D. (2020). Pembelajaran Sifat-Sifat Bilangan Akar Dan Berpangkat Dengan Meode Drill Pada Siswa SMP. Jurnal Educatio, 6(2), 504–509. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.520.
Wahyu, Syambasril, D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VII SMPN I Bunut Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1), 1–11.
Wulandari, N. N. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812.
Yanti, F. N., Farida, F., & Sugiharta, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Wayan Sudanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.