Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

I Made Suardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Telaga semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 645, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 60%) dan siklus II (jumlah 720, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 7% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 40%. Kesimpulan penerapan metode drill pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Telaga semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.


Keywords


Metode Drill, Hasil Belajar

References


Abu, Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV Amrico

Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama,

Ali Muhamad .1992.Guru Dalam Proses Belajar Mengajar .Bandung: Sinar Baru.

Depag RI. 1985. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: P3PT

Depdikbud. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, O. 2005. Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, M. 2006. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Juhariyah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Core dengan Bantuan Media Nyata Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 3 Pegayaman Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Karso, dkk. 2000. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka

Marhaeni, 2010. Pembelajaran Inovasi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Farid. 2001. Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 8. Nomor 8

Ngalim, purwanto. 1990. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Roestiyah NK. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sadhu Gunawan, Made. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Ringdikit pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: STKIP Agama Hindu Singaraja.

Santyasa, I W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah. Disajikan Dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin, R. E. 1995. Cooperative learning. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Subawa, I Ketut. S.Pd.SD.2015.Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Gitgit Sememster Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. PTK. Gitgit: SD Negeri 3 Gitgit.

Supiyanta, Wayan. S.Pd. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Melalui Penerapan Pembelajaran kooperatif Tipe STAD Dengan Media Teka-teki Silang (TTS) Pada Peserta Didik Kelas VI SD No. 3 Gitgit Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. PTK. Singaraja: SDN 3 Gitgit.

Ulihbukit, L.G.N.S. 1981. Suatu Pengantar Kedalam Metodologi Pengajaran. Salatiga: Saudara

Virgayati, Desak Gede Ari. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar pada Bidang Studi Agama Hindu Siswa Kelas VIII SMP 3 Sawan Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: STKIP Agama Hindu Singaraja.

Winarno Surakhmad. 1994. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476

Article Metrics

Abstract view : 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.