Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27237Kata Kunci:
Numbered Heads Together (NHT), Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C sebanyak 35 orang. Objek penelitian berupa peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis mengunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX C. Hasil ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,57 meningkat sebesar 7,32 pada siklus II menjadi 83,89 dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 71,43% meningkat sebesar 20% pada siklus II menjadi 91,43%.
Referensi
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Singaraja.
Anitah, W. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aniza., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII Tulip SMP Negeri 14 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 4 Nomor 3.
Dimyati dan Moedjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Falfalah.2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Tersedia pada http://falfalahbiologi.blogspot.com/2010/03/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif.html. Diaksestanggal 22 September 2010.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 1991. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Junaidi, Wawan. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Tersedia pada http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/05/pembelajaran-kooperatif-tipe-nht.html. Diakses tanggal 22 September 2010.
Moedjiono dan Dimyati. 1992. Stretegi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Mulyana, Mutia Agisni., dkk. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1 Nomor 1.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurkancana, Wayan. 2007. Buku Ajar Psikologi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Ratumanan, T. G. 2002. Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Estándar Proses Pendidikan. Bandung :Prenada Media Group.
Santyasa, Wayan dan Sukadi. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Sulfiani, Ridha. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Bentuk Molekul). Jurnal Chemica, Volume 17 Nomor 1.
Trianto.2007a. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: PrestasiPustaka.
Udani Sri Naya, Ketut. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Head-Togerher (NHT) untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIC SMP N Negeri 2 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. UNDIKSHA Singaraja.
Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Malang: Bumi Aksara.