Hasil belajar IPS Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi

I Gede Darma Putra, I Wayan Sujana

Abstract


Learning social studies in elementary school should be taught by focusing on students, but the learning process was still focused on the teacher and used lecturing method. Therefore, the aim of this research was to analyze the use of discovery learning models based on animation media. This research was quasi experimental research with non equivalent control group design. The population of this research was all fourth-grade elementary school students which were consisted of 160 students. The samples were taken by random sampling technique. The sample consisted of 31 students in experimental group and 30 students in control group. Data collection was done by using test in the form of multiple-choice test. The data were analyzed by using t-test. The results of data analysis obtained t-count = 3.302 at a significance level of 5% and dk = 59, the value obtained t-table = 2,000 so that t-count = 3.302> t-table = 2,000. So, the use of discovery learning model based on animation media would have an impact on social studies learning outcomes.

Keywords


Discovery learning; Animation; Social studies knowledge

Full Text:

PDF

References


Aprilia Rahmayani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2019 Halaman 59-62 e-ISSN: 2527-6891 DOI: 10.26740/jp. v4n1.p59—62.

Astrid dan Wirawan. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memproses Bentuk Permukaan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 17, No. 2, Desember 2017 (103-108). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/17631/8860.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Fitriani, Adi, Muhammad Danial, Mohammad Wijaya. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica VOl. 15 Nomor 2 Desember 2014, 114 – 122. http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/viewFile/4598/2643.

Fitriyah, Ali Murtadlo, dan Rini Warti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Vol. 9 No.2 Juni 2017 Halaman 108-112 http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898.

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Irayanti, Hamzah Upu, Thamrin Tahir, dan Muh. Yunus. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VB SDN Balang Baru 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pena Vol.1 Nomor 2 Tahun.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kurniasih, Sani.2014. Strategi–Strategi Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Dila Lestari, Dila, Doddy Rochadi, dan Arris Maulana. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Smkn 4 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Volume 6, No 2, Agustus 2017 Tersedia Online: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil.

Lestari, Mega, Maskun Maskun, dan Yustina Sri Ekwandar. 2015. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/issue/view/504.

Munandar, Sutrio dan Muhammad Taufik. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.1, Juni 2018. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/526.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, R. Juliani dan I. N. Lestari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6 No.2 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpfp-ISSN2252-732X e-ISSN 2301-7651.

Putrayasa, I Made. dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Sardjiyo dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syefnidar.2018. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Learning Starts with a question di SDN 14 Siguntur Muda Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Jurnal Penelitian Guru Indonesia – JPGI (2018) Vol 3 No 1 Print ISSN: 2541-3163 – Online ISSN: 2541-3317. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/download/158/201.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukiyasa, kadek dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1588.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Article Metrics

Abstract view : 1189 times
PDF file view : 1000 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.