KORELASI ANTARA DISIPLIN DALAM BELAJAR DENGAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499Keywords:
disiplin dalam belajar, kompetensi pengetahuan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara disiplin dalam belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi yang berjumlah 143 orang. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi ini adalah 100 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian angket tentang disiplin oleh responden, sedangkan data tentang kompetensi pengetahuan IPS didapat melalui pencatatan dokumen. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik korelasi biserial. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,803, sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk 98 diperoleh nilai ttabel = 1,980 sehingga thitung = 2,803 ttabel = 1,980. Berdasarkan kriteria pengujian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara disiplin dalam belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017.References
Agung, A.A.Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Sin: Yogyakarta: Depublish
Arikunto, Suharsini. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmaja, Nanda Pramana. 2016.Evaluasi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: DIVA Pres.
Citra, Yulia. 2016. Hubungan Disiplin Belajar Dengan PrestasiIPS Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gapi, Bernadus. 2016. “Membangun Kedisiplin Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler”. UNESE, (hlm. 432).
Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik. Yogjakarta: Andi.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Komara, Indra B. 2016. “Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa”. Psikopedagogia, Volume 55, Nomer 1 (hlm 36).
Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung:Yrama Widya.
Mustari,Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Penidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang Presindo.
Nainggolan, Togiaratua. 2011. “Hubungan Antara Kepercayan Diri dengan Kecemasan Sosial pada Pengguna Napza”. Sosiokonsepsia, Volume 16, Nomer 02 (hlm 166 ).
Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Netra, I.B.1974. Statistik Inferensial. Surabaya: Usaha Nasional
Pratiwi, Ni Luh Putu Novi. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasisis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan IPS dengan Kovariabel Iklim Keluarga Siswa Kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan .Singaraja: Undiksha.
Safitri, Dini Anugrah. 2015. Hubungan Rasa Disiplin dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Keramat Jati 19 Pagi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabea
Suparno, 2015.Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
_____. 2014. Pengembangan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triwiyanto,Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Winataputra,Udin S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka.
Yusuf,Muri. A. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Prenamedi group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)