PENGEMBANGAN BUKU CERITA ELEKTRONIK DENGAN METODE STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SD NEGERI 4 BANYUNING

Authors

  • Made Apri Praditya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Kade Tastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20367

Abstract

Masalah yang ditemukan di SD Negeri 4 Banyuning adalah hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas II belum memuaskan dikarenakan masih terdapat 10 dari 21 siswa yang belum
bisa mengeja kalimat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
rancang bangun pengembangan buku cerita elektronik (2) mendeskripsikan kualitas hasil
validasi pengembangan buku cerita elektronik yang dikembangkan menurut review para
ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas buku cerita elektronik yang
dikembangkan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner dan
tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun buku cerita elektronik
mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model ADDIE meliputi 5 tahapan. (2) buku cerita
elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil
review ahli isi mata pelajaran menunjukkan buku cerita elektronik berpredikat sangat baik
(83,33%), (b) hasil review ahli buku cerita elektronik menunjukkan produk berpredikat baik
(92,5%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan buku cerita elektronik
berpredikat sangat baik (92,5%), (d) hasil uji coba perorangan (92,53%), uji coba kelompok
kecil (92,73%) dan uji coba lapangan (91,96%). (3) Efektivitas pengembangan
menunjukkan bahwa buku cerita elektronik yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil
belajar Bahasa Indonesia (thitung = 2,12 > ttabel = 2,021, pada taraf signifikansi 5%).

Kata kunci: pengembangan, buku cerita elektronik, Bahasa Indonesia, model ADDIE

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Praditya, M. A., Parmiti, D. P., & Tastra, I. D. K. (2017). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ELEKTRONIK DENGAN METODE STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SD NEGERI 4 BANYUNING. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20367

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>