PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 8 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Gede Ardiasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Kade Tastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20377

Abstract

Permasalah yang ditemukan di SD 8 Banyuning yaitu rendahnya motivasi belajar
bahasa indonesia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya media
pembelajaran serta desaian pembelajaran yang kurang sesuai. Penelitian bertujuan
untuk (1) mediskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran
berbasis SAS, (2) mengetahui validitas multimedia pembelajaran bahasa indonesi
berbasis SAS, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran bahasa
indonesia berbasis SAS. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hanafi
and Peck. Validitas multimedia pembelajaran bahasa Indonesia berbasis SAS diukur
dengan uji ahli dan uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu:
(1) metode angket, (2) pencatatan dokumen, dan (3) tes. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif kuantitatif,
dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun multimedia
yang dibuat dalam bentuk flowcart dan storyboard, (2) validitas multimedia
pembelajaran berdasarkan penialaian ahli isi yaitu 92,7% dengan kualifikasi sangat
baik. Berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran diperoleh persentase 91,1%
dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran,
diproleh persentase 77,5% dengan kualifikasi baik. Persentase yang diproleh dari hasil
uji coba perorangan yaitu 88,3% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil
diproleh 90,1% dengan kualifikasi sangat baik. hasil uji coba lapangan diproleh 88,83%
dengan kualifikasi baik. (3) Efektivitas multimedia yang dikembangkan diperoleh thitung
=13.28, lebih besar dari ttabel yaitu 2.021. Dengan demikian, multimedia pembelajaran
bahasa indonesia efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

 

Kata Kunci: multimedia, bahasa indonesia, SAS

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Ardiasa, G., Tastra, D. K., & Tegeh, I. M. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 8 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 199–208. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20377

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>