PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 8 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20377Abstract
Permasalah yang ditemukan di SD 8 Banyuning yaitu rendahnya motivasi belajar
bahasa indonesia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya media
pembelajaran serta desaian pembelajaran yang kurang sesuai. Penelitian bertujuan
untuk (1) mediskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran
berbasis SAS, (2) mengetahui validitas multimedia pembelajaran bahasa indonesi
berbasis SAS, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran bahasa
indonesia berbasis SAS. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hanafi
and Peck. Validitas multimedia pembelajaran bahasa Indonesia berbasis SAS diukur
dengan uji ahli dan uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu:
(1) metode angket, (2) pencatatan dokumen, dan (3) tes. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif kuantitatif,
dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun multimedia
yang dibuat dalam bentuk flowcart dan storyboard, (2) validitas multimedia
pembelajaran berdasarkan penialaian ahli isi yaitu 92,7% dengan kualifikasi sangat
baik. Berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran diperoleh persentase 91,1%
dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran,
diproleh persentase 77,5% dengan kualifikasi baik. Persentase yang diproleh dari hasil
uji coba perorangan yaitu 88,3% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil
diproleh 90,1% dengan kualifikasi sangat baik. hasil uji coba lapangan diproleh 88,83%
dengan kualifikasi baik. (3) Efektivitas multimedia yang dikembangkan diperoleh thitung
=13.28, lebih besar dari ttabel yaitu 2.021. Dengan demikian, multimedia pembelajaran
bahasa indonesia efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: multimedia, bahasa indonesia, SAS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)