Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43365Keywords:
Multimedia interaktif, minat, hasil belajar, PAIAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menurut karakteristik peserta didik, kemudian berdampak pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan multimedia interaktif dan menilai validitas multimedia interaktif. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan dan 6 siswa uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode kuesioner, pencatatan dokumen dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (78%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,6%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,3%). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa multimedia interaktif memiliki kelayakan dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
References
Ahmadi, F., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. http://lib.unnes.ac.id/37234/1/Pengembangan_Media_Edukasi.
Aladdin, H. M. F. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal: Penelitian Medan Agama, 10(2), 153. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan Dan Bagian-Bagiannya Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9–17. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330
Febrita, ling, & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.627.
Ferdiansyah, H., Haling, A., & Nurhikmah H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.879
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Haddock, L., Cannon, K., & Grey, E. (2020). A Comparative Analysis of Traditional and Online Counselor Training Program Delivery and Instruction. The Professional Counselor, 10(1), 92–105. https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92. DOI: https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92
Hakim, M. L., Asrowi, A., & Akhyar, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi Bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537
Hamidi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 109–130. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-07. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-07
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130
Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–33. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.331. DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.331
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Amalia, D. A., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828.
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33. DOI: https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600
Muslimin, E., & Ruswandi, U. (2022). Tantangan, Problematika dan Peluang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i1.652. DOI: https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i1.652
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.
Nurzaelani, M. M. (2017). Desain Kurikulum Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 86–100. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.512. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.512
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85
Puspitasari, D. W., Ashadi, & Susilowati, E. (2021). Penerapan Model Problem Solving dengan Strategi Algoritmik untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 130–136. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.41592. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.39538
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773
Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649
Rahmadianto, S. A., & Melany, M. (2018). Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Dkv Ma Chung sebagai Upaya Meningkatkan Brand Equity. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 130–142. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1623. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1623
Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. (2018). Media Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13332. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13332
Rizal, S., Toenlioe, A., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas Dan Zina Untuk Kelas X Sman 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p001
Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037. DOI: https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Surur, A. M. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa Di MAN Kediri 1 Kota Kediri Dengan Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211
Suryanti, Putra, & Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Wiana, W., Kazlacheva, Z., & Stoykova, V. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation : A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning Interactive Multimedia-Based Animation : A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 953(2), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891. DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yanti, I. Y., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin And Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education Technology, 4(1), 67–72. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094
Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239–246. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87
Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang SD, SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://doi.org/10.47732/adb.v2i1.95. DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v2i1.95
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)