PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERATIF BERBASIS GAME BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20369Abstrak
Permasalah yang ditemukan di SD Mutiara Singaraja yaitu rendahnya motivasi belajar
bahasa inggris. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya media
pembelajaran dan desaian pembelajaran yang monoton. Penelitian bertujuan untuk (1)
mediskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis game, (2)
mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis game, dan (3)
mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis game. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey.
Persedur yg digunakan adalah menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan,
menganalisis pembelajaran, menganalisis pebelajar dan konteksnya, menganalisis tujuan
unjuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi
pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, melakukan evaluasi
formatif, revisi bahan ajar, melakukan evaluasi Sumatif. Metode pengumpulan yang
digunakan yaitu: (1) pencatatan dokumen, (2) metode angket, dan (3) tes. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.
Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis
game berupa flowcart dan storyboard, (2) kualitas pengembangan multimedia interaktif
berbasis game berdasarkan penialaian ahli isi mata pelajaran 91,67% menyatakan
kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% menyatakan kategori sangat baik, ahli
media pembelajaran 96,66% menyatakan kategori sangat baik, uji coba perorangan
98,33% menyatakan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,83% menyatakan
kategori sangat baik, uji coba lapangan 91,87% menyatakan kategori sangat baik, (3)
Efektivitas multimedia yang dikembangkan diperoleh thitung =14.90, lebih besar dari ttabel
yaitu=62. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis game efektif untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Mutiara Singaraja tahun pelajaran
2017/2018.
Kata Kunci: multimedia interaktif, game, pengajaran bahasa Inggris
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)