PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERATIF BERBASIS GAME BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • I Komang Ragil Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Kade Tastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20369

Abstrak

Permasalah yang ditemukan di SD Mutiara Singaraja yaitu rendahnya motivasi belajar
bahasa inggris. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya media
pembelajaran dan desaian pembelajaran yang monoton. Penelitian bertujuan untuk (1)
mediskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis game, (2)
mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis game, dan (3)
mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis game. Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey.
Persedur yg digunakan adalah menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan,
menganalisis pembelajaran, menganalisis pebelajar dan konteksnya, menganalisis tujuan
unjuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi
pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, melakukan evaluasi
formatif, revisi bahan ajar, melakukan evaluasi Sumatif. Metode pengumpulan yang
digunakan yaitu: (1) pencatatan dokumen, (2) metode angket, dan (3) tes. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.
Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis
game berupa flowcart dan storyboard, (2) kualitas pengembangan multimedia interaktif
berbasis game berdasarkan penialaian ahli isi mata pelajaran 91,67% menyatakan
kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% menyatakan kategori sangat baik, ahli
media pembelajaran 96,66% menyatakan kategori sangat baik, uji coba perorangan
98,33% menyatakan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,83% menyatakan
kategori sangat baik, uji coba lapangan 91,87% menyatakan kategori sangat baik, (3)
Efektivitas multimedia yang dikembangkan diperoleh thitung =14.90, lebih besar dari ttabel
yaitu=62. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis game efektif untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Mutiara Singaraja tahun pelajaran
2017/2018.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif, game, pengajaran bahasa Inggris

Diterbitkan

2017-09-30

Cara Mengutip

Saputra, I. K. R., Pudjawan, K., & Tastra, I. D. K. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERATIF BERBASIS GAME BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 160–167. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20369

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>