Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138Kata Kunci:
Cooperative Learning, LKPD, TSTSAbstrak
Kurangnya sumber belajar maupun penggunaan bahan ajar pembelajaran yang bervariatif, inovatif, dan interaktif berdampak pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses pengembangan LKPD berbasis cooperative learning tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi desain pembelajaran sebesar 88% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli media pembelajaran sebesar 87% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji perorangan sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji kelompok kecil sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis cooperative learning tipe TSTS layak dikembangkan dan digunakan untuk proses pembelajaran.
Referensi
Alam, K., & Dongoran, F. (2017). Penerapkan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Menggunakan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Smk Swasta Pab 8 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 6–21. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i2.1246.
Alfitri, P. A. A., & Setiani, A. (2018). Model Two Stay Two Stray sebagai Alternatif Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah. Jurnal Peka, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.37150/jp.v2i1.1115.
Ambarwati, I., & Rochmawati. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Accurate. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 483–494. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28931.
Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62.
Arsana, I. W. O. K., & Sujan, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134–143. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817.
Asri, I. H., Lestarini, Y., & Fajri, N. (2020). The Influence of Two Stay Two Stray (TS-TS) Cooperative Model on Problem Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012063.
Astra, I. K. B., & Putra, I. K. N. (2020). Implementasi Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574.
Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261.
Huda, S., Yasin, M., Fitri, A., Syazali, M., Supriadi, N., Umam, R., & Jermsittiparsert, K. (2020). The Impact of the Two Stay-Two Stray Learning Model on the Sequence and Series Topic in Islamic Boarding School. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012002.
Istiqomah, I., Maulidiya, D., & Siagian, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray. Jp2Ms, 3(3), 374–383. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.374-383.
Julianto, H., Madjdi, A. H., & Kanzunnudin, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Batik Lasem untuk Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.30759.
Kalemban, S., Rumahorbo, T. B., & Siallagan, J. (2018). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis di Kelas VIII SMP Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 62–70. https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603.
Khairunnisa, F., & Mayrita, H. (2019). Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi dengan Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 408–416. https://doi.org/10.32696/ojs.v4i1.220.
Kinanti, L. P., & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347.
Manuaba, I. B. B., Sujana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 183–192. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27555.
Mesah, D. B., Wahyuni, S., & Liliek, T. (2020). Penerapan Cooperative Learning Two Stay Two Stray untuk Meningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa SMA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 227–238. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441.
Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49–51. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63.
Nareswari, R. S. P. L. N., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/ 10.23887/mi.v26i2.35691.
Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.
Ningsih, M., Suwatra, I. W. I., & Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah dengan Model HANNAFIN dan PECK pada Mata Pelajaran IPA di SDN 5 Kampung Baru Singaraja. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 285–295. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20325.
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027.
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.8685.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Purnamasari, Y. I., Hadeli, M. L., & Sofia, S. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) di Kelas XI SMA Tri Dharma Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1), 70–78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/download/8210/4286.
Putra, A. K., Jampel, I. N., & Japa, I. G. N. (2020). Improving Science Learning Outcomes through Two Stay Two Stray Assisted by Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 235. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.26219.
Said, I. M., Sutadji, E., & Sugandi, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cooperative Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMK Se-Kota Malang Program Keahlian Teknik Ototronik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6131.
Setiawati, L. P. A. M., Sugiarta, I. M., & Suharta, I. G. P. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII.1 SMP N 2 Singaraja Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts). Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 26. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19912.
Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4171.
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.7102.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ayyul Farid, I Komang Sudarma
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)