Buku Tema Peristiwa dalam Kehidupan: Sikap dan Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia serta Potensi Budaya Lokal Pendukung dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43219Kata Kunci:
Budaya Lokal, Buku Cerita, SikapAbstrak
Permasalahan kurikulum 2013 bukan hanya berada pada perangkat penunjang atau kesiapan tenaga pendidik, melainkan pada konsep pembelajaran yang kurang mampu memenuhi harapan dari kurikulum 2013 yang menekankan pada penanaman nilai sikap, tanpa mengabaikan aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia serta nilai-nilai budaya lokal pendukung dalam pembelajaran kurikulum 2013 tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V, guru kelas V, orang tua siswa, guru SBdP, dan budayawan. Data dikumpulkan menggunakan pendoman pencatatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap spiritual yang muncul adalah berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah; nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri; muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang muncul yaitu teks pantun dan syair, teks penjelasan dan tabel; dan nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai sikap spiritual dan sosial menjadi lebih baik.
Referensi
Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.
Alwi, N. A., Agasi, D., Kharisna, F., & Perdana, A. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Berbicara Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6055 – 6061. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1843.
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
Amma, T., As, E., Syaikhoni, Y., & Karakter, I. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerja Sama Sekolah dan Orang Tua. QUDWATUNA, 3(2), 101–123. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99.
Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Baka, A., Laksana, D. N. ., & Dhiu, K. D. (2018). Konten dan Konteks Budaya Lokal Ngada sebagai Bahan Ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181.
Basri, B., & Dwiningrum, N. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–158. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273.
Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.
Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2.
Hamidah, Djahir, Y., & Fatimah, S. (2017). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMPN 10 Palembang. Jurnal PROFIT, 4(1), 12–24. https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5575.
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.
Isnaini, F. N., Krahayon, M. U., Safitri, H. I., & Lestari, D. (2018). Media Pengenalan Kebudayaan Lokal Berbasis Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445.
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.
Marwati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 451. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1174.
Mulyaningsih, I. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak pada Usia 4 Tahun dengan Whole Language. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–13.
Nirmalita, D. D., Santoso, A. B., & Winarsih, E. (2019). Analisis Buku Teks Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(2).
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.
Permatasari, D., & Pratiwi, Y. (2021). Karakteristik Naskah Drama Serial Bertema Cinta Tanah Air Karya Siswa Ektrakulikuler Teater SMAN 4 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 43 – 50. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10504.
Pratiwi. (2017a). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(03), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.
Pratiwi, N. L. M. T. (2017b). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.
Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi, S. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463.
Putri, A. D. (2020). Nilai Antikorupsi dalam Buku Cerita Bergambar Peternakan Kakek Tulus dan Byur! KEMBARA : Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353.
Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812.
Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan : Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.94.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. RITME, 2(1), 16–25. https://ejournal.upi.edu/index.php/ritme/article/viewFile/5078/3539.
Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita bagi Anak Usia Dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 18–23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611.
Sukarniti, N. L. K. (2020). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Kemajuan Teknologi. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.47532/jic.v3i1.135.
Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336.
Ulfah, A., & Jumaiyah, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 75–81. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1730.
Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Komang Trisna Mahartini, Ida Bagus Putrayasa, Made Adi Nugraha Tristaningrat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)