Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635Kata Kunci:
Aktivitas pembelajaran, Linktree, Literasi sains, Kemampuan metakognitifAbstrak
Literasi sains merupakan kemampuan dalam menerapkan kemampuan yang dimilikinya untuk mengidentifikasi memberi penjelasan mengonstruksi dan mengambil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan bukti ilmiah yang diperoleh dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sains. Rendahnya minat siswa dalam membaca dan siswa tidak siap dalam belajar juga memengaruhi kemampuan kognitif siswa. Aktivitas pembelajaran yang berlangsung masih kurang inovatif, kurang bervariasi, dan masih belum menekankan literasi sains dan kemampuan metakognitif. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi macam-macam gaya muatan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model 4D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Uji coba prdouk dilakukan oleh siswa yang berjumlah 17. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu rating scale. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh butir dalam instrumen validasi isi aktivitas pembelajaran valid. Hasil literasi sains dan kemampuan metakognitif dalam kategori sangat tinggi. Terdapat efektivitas pengembangan aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree berdampak positif terhadap pembelajaran.
Referensi
Abendroth, J., & Richter, T. (2021). How to Understand What You Don’t Believe: Metacognitive Training Prevents Belief-Biases in Multiple Text Comprehension. Learning and Instruction, 71(August 2020), 101394. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101394.
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agustina, I. R., Andinasari, A., & Lia, L. (2020). Kemampuan Literasi Sains pada Materi Zat Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491.
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.
Aiman, Ummu, Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.
Al-Azzemy, A. F. T., & Al-Jamal, D. A. H. (2019). Evaluating Cognitive, Metacognitive and Social Listening Comprehension Teaching Strategies in Kuwaiti Classrooms. Heliyon, 5(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01264.
Amaliah, N., Jirana, J., & Damayanti, M. (2021). Sosialisasi Pembuatan Linktree sebagai Media Pembelajaran Alternatif Masa Pandemi Covid 19 pada Guru-Guru SDN 18 Galung Lombok Polewali Mandar. Jurnal Jati Emas, 5(3). https://doi.org/10.36339/je.v5i3.510.
Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing Flipbook Multimedia: The Achievement of Informal Deductive Thinking Level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238.
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717.
Asyhari, A., & Putri, G. (2017). Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pembelajaran yang Berorientasi Inkuiri. Scientae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 87–101. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.2000.
Azimi, Rusilowati, & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754.
Aziza, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tertutup dan Terbuka pada Pokok Bahasan Lingkaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 126–138. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.26563.
Berger, J. L., & Karabenick, S. A. (2016). Construct Validity of Self-Reported Metacognitive Learning Strategies. Educational Assessment, 21(1), 19–33. https://doi.org/10.1080/10627197.2015.1127751.
Buchory, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing The Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3). https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748.
Derlina, & Afriyanti, L. (2016). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Training Berbantuan Media Visual dan Kreativitas terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Cakrawala Pendidikan, Februari(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8080.
Edy, D. L., Suwarno, S., Sunomo, S., & Basuki, B. (2019). Metacognitive Improvement of Project-Based Learning Students with E-Portfolio Assessment. Atlantis Press, 242(Icovet 2018), 92–94. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.23
Ellis, R. A., & Bliuc, A. M. (2019). Exploring New Elements of The Student Approaches to Learning Framework: The Role of Online Learning Technologies in Student Learning. Active Learning in Higher Education, 20(1), 11–24. https://doi.org/10.1177/1469787417721384.
Fadhilaturrahmi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.9.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173.
Fields, L., Trostian, B., Moroney, T., & Dean, B. A. (2021). Active Learning Pedagogy Transformation: A Whole-of-School Approach to Person-Centred Teaching and Nursing Graduates. Nurse Education in Practice, 53. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103051.
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.
Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077.
Hidayat, L., Gunarhadi, G., & Hidayatulloh, F. (2017). Multimedia Based Learning Materials for Deaf Students. European Journal of Special Education Research, 2(3), 77–87. https://doi.org/10.46827/ejse.v0i0.575.
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133.
Jayusman, I., & Shavab. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1). https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180.
Jesionkowska, J., & Wild, F. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education — A Case Study. Education Sciences, 10(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10080198.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.
Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.
Koçak, R., & Boyacı, M. (2010). The Predictive Role of Basic Ability Levels and Metacognitive Strategies of Students on Their Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.099.
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.
Kurniawan, W., Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Hidayat, M. (2019). Multimedia Physics Practicum Reflective Material Based on Problem Solving for Science Process Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(4), 590–595. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20258.
Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504.
Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902.
Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536.
Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Sistem Penilaian pada Kurikulum 2013. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 153–164. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p153-164.
Nashirotun, B. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw dan Media Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA di MTs. Negeri 4 Klaten Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 402. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2945.
Nathalia, K. I., Sedanayasa, G., & Japa. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Operasional Konkret. Mimbar PGSD, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5656.
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1). https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876.
Nudiati, D. (2020). Literasi sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.
Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 9(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046.
Pellas, N. (2014). The Influence of Computer Self-Efficacy, Metacognitive Self-Regulation and Self-Esteem on Student Engagement in Online Learning Programs: Evidence from the virtual world of Second Life. Computers in Human Behavior, 35, 157–170. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.02.048.
Popandopulo, A., Fominykh, N., & Kudysheva, A. (2021). Do Educators Need Metacognitive Skills in Today’s Educational Environment? Thinking Skills and Creativity, 41(May), 100878. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100878.
Pramono. (2017). Aktivitas Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.663.
Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Ikatan Kimia untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102.
Rukmana, W., Hardjono, N., & O, A. A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954.
Saadah, K., & Isnaeni, W. (2020). Peran Model Brain-Based Learning pada Pembelajaran Sistem Saraf dalam Meningkatan Literasi Sains Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 132–149. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3967.
Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546.
Samsudin, A., Kelana, J. B., & Muftianti, A. (2019). Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of PGSD Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 91. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1284.
Setyowati, N., & Masrukan, B. E. S. M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831.
Sunarti, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” sebagai Media Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365.
Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836.
Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application as An Alternative Media for The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(5). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.
Sutrisno, S. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19 Increased Learning Activities and Outcomes Through Online Learning with Google Classroom in the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.151.
Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859.
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874.
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1711.
Wicaksono, A. G. C., & Corebima, A. D. (2015). Hubungan antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa dalam Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Jigsaw di Kelas X SMAN 7 Malang. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 4(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v4i1,%20April.947.
Wulandari, I. G. A. A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422–430. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172.
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe dalam Pembelajaran Literasi Sains untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2020). Implementing E-Learning-Based Virtual Laboratory Media to Students’ Metacognitive Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i05.12029.
Yusuf, Irfan, & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual terhadap Keterampilan Proses Sains dan Persepsi Mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4378.
Zheng, L., Li, X., Zhang, X., & Sun, W. (2019). The Effects of Group Metacognitive Scaffolding on Group Metacognitive Behaviors, Group Performance, and Cognitive Load in Computer-Supported Collaborative Learning. The Internet and Higher Education, 42. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.03.002.
Zulfa, L. N., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Putu Widya Andika, Kadek Yudiana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)