Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60119Kata Kunci:
media, pembelajaran interaktif, keterampilan membaca permulaanAbstrak
Banyak peserta didik yang kurang dalam keterampilan membaca permulaan, seperti mengenal huruf. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga belajar peserta didik rendah. Hal ini dilihat dari kesulitannya peserta didik menyusun huruf menjadi sebuah kata. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 guru dan 9 peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data diperoleh dari hasil skor validasi ahli materi dan ahli media 4,73 kategori sangat valid. Skor rata-rata hasil dari penilaian guru dan peserta didik diperoleh 4,76 termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai pretest adalah 61,16 dan rata-rata postest adalah 90,66. Maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Implikasi media interaktif ini adalah meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan sehingga dapat memudahkan guru dalam mengoptimalkan pemahaman peserta didik pada saat proses pembelajaran.
Referensi
Andriyani, F. L., & Hermanto, H. (2022). Application of the SAS Method in Beginning Reading Learning in the 21st Century. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42995.
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75.
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH: Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690.
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Astuti, F., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N., & Duong, N. (2018). Effectiveness Of Elements Periodic Table Interactive Multimedia In Nguyen Tat Thanh High School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101.
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139.
Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397.
Dewi, N. K. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1382.
Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501.
Dwiqi, G. C. S, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Dwiqi, Gede Cris Smaramanik, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Ekayani, N. L. P., Arini, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2), 120–127. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19467.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Harianto, A. F., Fuad, N., & Sugiarto, S. (2020). Evaluation of Implementation of Public Elementary School Regrouping Policy in South Jakarta Region. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(4). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i4.2552.
Iskandar, R., Zulela, M. S., & Fahrurrozi, F. (2021). Menstimulasi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 330–336. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34362.
Jannah, P. I., & Djannah, R. S. N. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(4), 245–252. https://doi.org/10.35842/mr.v15i4.286.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Lukács, B., Asztalos, K., & Honbolygó, F. (2021). Longitudinal associations between melodic auditory-visual integration and reading precursor skills in beginning readers. Cognitive Development, 60, 101095. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2021.101095.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Mahendra, I. G. E. (2021). Pembuatan video pembelajaran interaktif siswa berbasis “CINTA” melalui SFH untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 290–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537.
Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Park, E. E. (2022). Expanding Reference through Cognitive Theory of Multimedia Learning Videos. The Journal of Academic Librarianship, 48(3), 102522. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102522.
Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296.
Pratiwi, N. K. A., & Tirtayani, L. A. (2021). Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 186. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362.
Siegelman, N., Rueckl, J. G., Steacy, L. M., & Bunt, M. van den. (2020). Individual differences in learning the regularities between orthography, phonology and semantics predict early reading skills. Journal of Memory and Language, 114, 104145. https://doi.org/10.1016/j.jml.2020.104145.
Siregar, E. S., Kurniati, R., & Rahayu, S. (2022). Multimedia as a Learning Tool in Training Reading Skills of Elementary Schools Students. 6(2), 299–307.
Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407.
Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Valengia, H., Utin, S., & Susiaty, D. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Creative Problem Solving melalui Google Meet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Trigonometri. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(2), 142–151. https://www.embada.com/index.php/jeid/article/view/132.
Wiana, W. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation: A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024.
Wirantini, N. P. N., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Siklus Air. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46558.
Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 348–355. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/6224/4620.
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.
Zahara Konita, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisi Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 75–81. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1205.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Delina R Rosa, I Wayan Suastra Suastra, Sariyasa Sariyasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)