Efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Komang Try Septiana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • i made suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27548

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD. Pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang telah di modifikasi dari penelitian pengembangan 4D dari La Ose (2017), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan keterbatasan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa diadakan uji coba. Hasil analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen sebesar 0.77 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil  analisis diperoleh simpulan yakni analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan model perangkat pembelajaran dan mengkaitkannya dengan mata pelajaran lain, sehingga nantinya dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan.

Biografi Penulis

Komang Try Septiana Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

i made suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Aningsih, N, N, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Pupuan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2008.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I.M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Pengguanaan Aplikasi Iteman dan Bigsteps. Singaraja: Undiksha Press.

Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2). DOI: https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180

La Ose. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1). DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6981

Mariyaningsih, Nining dan Mistina, Hidayati. 2018. Bukan kelas biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Martantika, L. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). eprints.uny.ac.id,6 (8).

Nasional, S. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta, Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rukaesih, dkk., 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (Cetakan ke -14). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Utama, Dwija (Ed). (2008). Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan.

Diterbitkan

2020-07-25

Cara Mengutip

Dewi, K. T. S., suarjana, i made, & Renda, N. T. (2020). Efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 159–167. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27548

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama