Efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27548Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD. Pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang telah di modifikasi dari penelitian pengembangan 4D dari La Ose (2017), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan keterbatasan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa diadakan uji coba. Hasil analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen sebesar 0.77 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan model perangkat pembelajaran dan mengkaitkannya dengan mata pelajaran lain, sehingga nantinya dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan.
Referensi
Aningsih, N, N, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Pupuan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2008.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, I.M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Pengguanaan Aplikasi Iteman dan Bigsteps. Singaraja: Undiksha Press.
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2). DOI: https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180
La Ose. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1). DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6981
Mariyaningsih, Nining dan Mistina, Hidayati. 2018. Bukan kelas biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.
Martantika, L. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). eprints.uny.ac.id,6 (8).
Nasional, S. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta, Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Rukaesih, dkk., 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (Cetakan ke -14). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Utama, Dwija (Ed). (2008). Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.