Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Putu Dara Mangku Rila Cahya, Gusti Ngurah Sastra Agustika, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Hal ini berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemecahan masalah masih perlu dilatih sejak dini terutama pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD yang berjumlah 830 orang. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 243 orang siswa. Hasil yang didapat menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hasil rhitung = 0,354 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikansi (a = 0,05 dan dk = 241) maka diperoleh hasil rhitung = 0,354 > rtabel = 0,126 dengan demikian ini berarti nilai rhitung signifikan, koefisien determinasi (R2) = 0,125. Berdasarkan hasil penelitian maka  disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD sebesar 12,5%. Adapun saran ditujukan bagi guru untuk lebih mengoptimalkan  motivasi berprestasi agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika guna mencapai tujuan belajar matematika.


Keywords


Motivasi;berprestasi;kemampuan;pemecahan;masalah;matematika

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.

Agung, A. A. G. (2016). Metodologi Penelitian. Singaraja: Undiksha.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).

Hadianti, L. S. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1–8.

Nilla, K., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Riffyanti, L. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilai. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1).

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.