Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Putu Dara Mangku Rila Cahya, Gusti Ngurah Sastra Agustika, Ni Wayan Suniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Gugus I Kuta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD Gugus I Kuta Utara yang berjumlah 830 orang. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 243 orang siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dengan skala interval yaitu data motivasi berprestasi dan data kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dan metode tes, data mengenai motivasi berprestasi diperoleh melalui metode nontes yaitu angket motivasi berprestasi, sedangkan data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh melalui metode tes berupa soal cerita matematika untuk dapat menentukan kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Chi-Kuadrat dan uji linearitas menggunakan tabel analysis of varians (ANAVA). Hasil yang didapat menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hasil rhitung = 0,354 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikansi (a = 0,05 dan dk = 241) maka diperoleh hasil rhitung = 0,354 > rtabel = 0,126 dengan demikian ini berarti nilai rhitung signifikan, koefisien determinasi (R2) = 0,125. Berdasarkan hasil penelitian maka  disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Gugus I Kuta Utara sebesar 12,5%. Adapun saran ditujukan bagi guru untuk lebih mengoptimalkan  motivasi berprestasi agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika guna mencapai tujuan belajar matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.