Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Penulis

  • Putu Dara Mangku Rila Cahya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752

Kata Kunci:

Motivasi, berprestasi, kemampuan, pemecahan, masalah, matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Hal ini berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemecahan masalah masih perlu dilatih sejak dini terutama pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD yang berjumlah 830 orang. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 243 orang siswa. Hasil yang didapat menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hasil rhitung = 0,354 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikansi (a = 0,05 dan dk = 241) maka diperoleh hasil rhitung = 0,354 > rtabel = 0,126 dengan demikian ini berarti nilai rhitung signifikan, koefisien determinasi (R2) = 0,125. Berdasarkan hasil penelitian maka  disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD sebesar 12,5%. Adapun saran ditujukan bagi guru untuk lebih mengoptimalkan  motivasi berprestasi agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika guna mencapai tujuan belajar matematika.

Biografi Penulis

Putu Dara Mangku Rila Cahya, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen

Referensi

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.

Agung, A. A. G. (2016). Metodologi Penelitian. Singaraja: Undiksha.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).

Hadianti, L. S. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1–8.

Nilla, K., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Riffyanti, L. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilai. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1).

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2019-07-10

Cara Mengutip

Rila Cahya, P. D. M., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 263–268. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752

Terbitan

Bagian

Articles