Manajemen Pengelolaan Lapangan Futsal di Kota Singaraja pada Masa Pandemi

Authors

  • Gede Deffa Ade Darsana Darsana Family universitas pendidikan ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.47546

Keywords:

Survey, Manajemen Organisasi, Futsal

Abstract

Kualitas lapangan futsal perlu kita perhatikan karena belum semua pemilik usaha lapangan futsal memperhatikan kelengkapan fasilitas lapangan dengan baik. Tujuan penelitian ini dibuat untuk menganalisis manajemen pengelolaan lapangan futsal pada masa Pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah member futsal. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini akan dilakukan secara kualitatif. Lokasi penelitian adalah enam lapangan futsal yang ada di kota Singaraja. Hasil penelitian berdasarkan fungsi manajamen menunjukkan bahwa perencanaan (planning) di kelima lapangan futsal di kota Singaraja sudah cukup dalam pengadaan fasilitasnya, dan semua tempat memiliki tujuan hampir sama yaitu berbisnis serta memfasilitasi olahraga futsal di Kota Singaraja. Pengorganisasian (Organizing) masih kurang karena kelima lapangan futsal tidak memiliki struktur organisasi sehingga terjadi fungsi ganda. Penggerak (Actuating) cukup, setiap lapangan futsal memiliki komunikasi yang baik antara pemilik, pengelola dan pelanggan dalam pelayanan. Selain itu pengelola melakukan usaha promosi. Pengawasan (Controlling) baik, pemantauan dilakukan secara rutin di setiap lapangan futsal untuk mengetahui kinerja karyawan dan peningkatan/penurunan jumlah pelanggan (member). Maka kesimpulan dari survey menajaemen lapangan futsal di Singaraja menunjukkan bahwa sudah berjalan dengan baik secara planning, actuacting, controlling dan dapat dinikmati juga oleh masyarakat namun secara organsiasi belum terlaksana dengan baik. 

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659

Elzainy, A., El Sadik, A., & Al Abdulmonem, W. (2020). Experience of e-learning and online assessment during the COVID-19 pandemic at the College of Medicine, Qassim University. Journal of Taibah University Medical Sciences, 15(6), 456–462. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2020.09.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2020.09.005

Farooq, F., Rathore, F. A., & Mansoor, S. N. (2020). Challenges of online medical education in Pakistan during COVID-19 pandemic. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan, 30(1), S67–S69. https://doi.org/10.29271/jcpsp.2020.Supp1.S67. DOI: https://doi.org/10.29271/jcpsp.2020.Supp1.S67

Grewenig, E., Lergetporer, P., Werner, K., & Woessmann, L. (2021). COVID-19 and educational inequality: How school closures affect low- and high-achieving students. European Economic Review, 140. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2021.103920. DOI: https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2021.103920

Herlambang, M., Maulana, F., & Nurudin, A. A. (2022). Latihan Kecepatan, Kelincahan dan Keseimbangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Futsal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4047. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4047

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Hidayat, T. (2017). Studi Komparatif Dua Fitnes Center Terbesar di Kota Bandung dalam Hal Kualitas Pelayanan dan Sarana-prasarana serta Pengaruhnya terhadap Minat Pengunjung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396

Husain, B., Idi, Y. N., & Basri, M. (2021). Teachers’ Perceptions on Adopting E-Learning During Covid-19 Outbreaks; Advantages, Disadvantages, Suggestions. Jurnal Tarbiyah, 27(2), 41–57. https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.738. DOI: https://doi.org/10.30829/tar.v27i2.738

Idris, F., & Dimyati, A. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Dan Movement Without The Ball Futsal Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Sekolah Menengah Atas Berbasis Games Kompetisi. Journal Coaching Education Sports, 1(2). https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.330. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.330

Irawan, A., Fitranto, N., & Hasibuan, M. H. (2021). Aktifitas Fisik Pemain Futsal Universitas Negeri Jakarta Selama Masa Pandemi Covid 19. JSCE: Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1). https://doi.org/10.21009/JSCE.05105.

J.Moleong., L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Jaya, K. S. K., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Ketersediaan Guru, Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30976. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431

Klimova, B. (2021). ScienceDirect An Insight into Online Foreign Language Learning and Teaching in the Era of COVID-19 Pandemic. Procedia Computer Science, 192, 1787–1794. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.08.183. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.08.183

Morrison, P. S.-E. & A. (2020). Online teaching placement during the COVID-19 pandemic in Chile: challenges and opportunities. European Journal of Teacher Education, 43(4), 587–607. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1820981. DOI: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1820981

Muthiadin, C., Aziz, I. R., Hajrah, & Alir, R. F. (2020). Edukasi Dan Pelatihan Desain Infografis COVID-19 Bagi Siswa dan Guru SMAN 10 Makasar. JSasambo:Jurnal Abdimas (Journal Of Community Service), 2(3), 153-162. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.313. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.313

Nascimento, H., Alvarez-Peregrina, C., Martinez-Perez, C., & Sánchez-Tena, M. Á. (2021). Vision in Futsal Players: Coordination and Reaction Time. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18. https://doi.org/10.3390/ijerph18179069. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph18179069

Permadi, D. S. P. (2017). Survei Sarana Prasarana dan Ketersediaan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3).

Purnamasari, I., & Febrianty, M. F. (2020). Adaptasi Latihan Judo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penjakora, 7(2), 151. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27544

Putra, M. A. A., & Khory, F. D. . (2021). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK Negeri Se-Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.273

Rivaldi, M. A., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2022). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri Se-Kota Sukabumi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963

Saha, A., Dutta, A., & Sifat, R. I. (2021). The mental impact of digital divide due to COVID-19 pandemic induced emergency online learning at undergraduate level: Evidence from undergraduate students from Dhaka City. Journal of Affective Disorders, 294(1). https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.07.045. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.07.045

Spyrou, K., Alcaraz, P., Marín-Cascales, E., & Errero-Carrasco, R. (2021). Effects of the COVID-19 Lockdown on Neuromuscular Performance and Body Composition in Elite Futsal Players. Journal of Strength and Conditioning Research, 35(8). https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000004028. DOI: https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000004028

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3). https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Tama, R. A., & Purwono, E. P. (2017). Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Pencak Silat SMP Negeri di Kabupaten Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13256.

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947. DOI: https://doi.org/10.29333/pr/7947

Widiastuti, W. (2019). Mengatasi Keterbatasan Sarana Prasarana Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani [Overcoming Facilities Limitations Affecting Physical Education Learning Activities]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1). https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091

Yaqin, R. A., Andiana, O., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Latihan Peregangan Statis Terhadap Fleksibilitas Pada Mahasiswa Penghobi Futsal Offering a Angkatan 2014 Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Jurnal Sport Science, 9(1), 1. https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8. DOI: https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8

Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Darsana Family, G. D. A. D., Satyawan, I. M. . ., & Semarayasa, I. K. (2023). Manajemen Pengelolaan Lapangan Futsal di Kota Singaraja pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.47546

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>