Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw

Penulis

  • Ketut Karin Preayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Sepak Takraw

Abstrak

Kemajuan teknologi dalam segala bidang temasuk pendidikan mendorong seorang pendidik mampu melahirkan inovasi baru dan strategi pembelajaran kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis video tutorial dengan model ADDIE teknik dasar sepak sila dalam permainan sepak takraw pada mahasiswa prodi Penjaskesrek. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner dalam bentuk skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 93,33%, aspek desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 96,25% dan aspek praktisi lapangan mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan persentase 92,00% Pada uji coba produk perorangan dengan kriteria sangat baik dengan persentase 91,10%, Pada uji coba produk kelompok kecil dengan sangat baik dengan persentase 94,66%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar sepak sila pada permainan sepak takraw pada mahasiswa Prodi Penjaskesrek dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan.

Referensi

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Abitolkha, A. M., Ismail, A. N., & Hady, Y. (2020). Contextualization of Islamic Education Curriculum in Junior High Schools. Tarbiya : Journal of Education in Muslim Society, 7(1). https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.13843. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.13843

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, R. M. (2019). Analysis of Competence on “TPACK”: 21st Century Teacher Professional Development. Journal of Physics: Conference Series, 2(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Anggriawan, F. S. (2019). Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.21009/9.2.1.2009. DOI: https://doi.org/10.21009/9.2.1.2009

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.072.10

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068

Batubara, H.H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Batubara, Hamdan Husein, & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Biard, N., Cojean, S., & Jamet, E. (2018). Effects of Segmentation and Pacing on Procedural Learning By Video. Computers in Human Behavior, 89, 411–417. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.12.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.12.002

Boesdorfer, S. B. (2019). Growing Teachers and Improving Chemistry Learning: How Best Practices in Chemistry Teacher Education Can Enhance Chemistry Education. ACS Symposium Series, 1(1). https://doi.org/10.1021/bk-2019-1335.ch001. DOI: https://doi.org/10.1021/bk-2019-1335.ch001

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Daniati, H. (2022). School Administration With National Standards of Education to Improve the Quality of Education Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 177–186. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.23. DOI: https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.23

Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826

Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Derrington, M. L., & Campbell, J. W. (2018). High-stakes teacher evaluation policy: US principals’ perspectives and variations in practice. Teachers and Teaching, 24(3), 246–262. https://doi.org/10.1080/13540602.2017.1421164. DOI: https://doi.org/10.1080/13540602.2017.1421164

Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630.

Gaudin, C., & Chaliès, S. (2015). Video viewing in teacher education and professional development: A literature review. Educational Research Review, 16(7), 41–67. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.06.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.06.001

Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.573945

Huang, F., Sánchez-Prieto, J. C., Teo, T., García-Peñalvo, F. J., Olmos-Migueláñez, S., & Zhao, C. (2021). A cross-cultural study on the influence of cultural values and teacher beliefs on university teachers’ information and communications technology acceptance. Educational Technology Research and Development, 69(2), 1271–1297. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09941-2. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-021-09941-2

Liao, S.-C., & Hsu, S.-Y. (2019). Evaluating A Continuing Medical Education Program: New World Kirkpatrick Model Approach. International Journal of Management, Economics and Social Sciences, 8(4), 266–279. https://doi.org/DOI:10.32327/IJMESS.8.4.2019.17. DOI: https://doi.org/10.32327/IJMESS/8.4.2019.17

Maiyena, S., & Haris, V. (2017). Praktikalitas Video Tutorial pada Matakuliah Eksperimen Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 75–83. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.647. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.647

Mapicayanti, Jamaludin, & Ahmad, F. (2018). Perancangan media pembelajaran berbasis video tutorial mendesain jaringan lokal/LAN kelas X TKJ. Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913

Meutia, M. (2021). Teacher Strategies in Improving the Quality of Students at MTs 2 Medan Country. International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 1(1), 49–57. https://doi.org/10.52121/ijessm.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.52121/ijessm.v1i1.7

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603

Novita, R., & Putra, M. (2017). Peran Desain Learning Trajectory Nilai Tempat Bilangan Berbantukan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(7). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3802. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3802.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Rinaldo. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sepak Kuda Melalui Penerapan Variasi Latihan Berpasangan Dalam Sepak takraw Di Kelas VIII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. jurnal mahasisa prodi pendidikan jasmani kesehatan, 97.

Santagata, R., König, J., Scheiner, T., Nguyen, H., Adleff, A. K., Yang, X., & Kaiser, G. (2021). Mathematics teacher learning to notice: a systematic review of studies of video-based programs. ZDM - Mathematics Education, 53(1), 119–134. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01216-z. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-020-01216-z

Saputro, D. B., & supriyadi. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila Sepak Takraw Untuk Tingkat Pemula. Indonesia Performance Journal, 1(2), 112–118. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3371

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Subekti, A. S. (2018). Error analysis in complex sentences written by Indonesian students from the English Education Department. Studies in English Language and Education, 5(2), 185–203. https://doi.org/10.24815/siele.v5i2.10686. DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v5i2.10686

Suputra, D. (2021). Teaching English Through Online Learning (A Literature Review). The Art of Teaching English as a Foreign Language, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.36663/tatefl.v1i2.104. DOI: https://doi.org/10.36663/tatefl.v1i2.104

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Ulusoy, F., & Çakiroğlu, E. (2018). Using video cases and small-scale research projects to explore prospective mathematics teachers’ noticing of student thinking. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(11). https://doi.org/10.29333/ejmste/92020. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/92020

Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.

Van Woezik, T., Reuzel, R., Koksma, J., & Serpa, S. (2019). Exploring open space: A self-directed learning approach for higher education. Cogent Education, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1615766. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1615766

Wang, J., Antonenko, P., & Dawson, K. (2020). Does Visual Attention To The Instructor in Online Video Affect Learning and Learner Perceptions? An Eye-Tracking Analysis. Computers and Education, 146, 103779. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103779. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103779

Wati, S., Nurlaila, & Oktaviani, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Provide Food and Beverage Service dengan Standar KKNI Sebagai Persiapan Uji Kompetensi. JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan), 1(November), 26–38. https://doi.org/10.21009/jppv1i2.03. DOI: https://doi.org/10.21009/jppv1i2.03

Yasunaga, T., Takase, K., Katsumura, M., Sakai, K., & Shiota, S. (2020). Attempts at Learning Creative Problem-Solving in Remote Schools: Professional CPS Student Evaluation Using A Video Calling Application. International Journal of Information and Education Technology, 10(7), 547–551. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.7.1422. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.7.1422

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Diterbitkan

2023-03-04

Cara Mengutip

Karin Preayani, K., Semarayasa, I. K. ., & Gunarto, P. . (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama