Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Kura dalam Permainan Sepak Takraw
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.54208Kata Kunci:
video tutorial, teknik dasar sepak kura, permainan sepak takrawAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk rancang bangun media video teknik dasar sepak kura dalam permainan sepak takraw untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek, (2) tanggapan ahli isi/materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan praktisi lapangan teknik dasar sepak kura untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek, dan (3) tanggapan mahasiswa dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil terhadap video yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Disimpulkan bahwa (1) bentuk rancang video tutorial terdiri dari pembukaan, judul media video tutorial dan indentitas diri peneliti, kata sambutan, indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran, pemaparan materi, isi dari video tutorial kesimpulan, tugas dan penutup, (2) tanggapan uji ahli isi/materi sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan uji ahli media sebesar 100% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan uji ahli desain sebesar 100% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan dari praktisi lapangan sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, (3) tanggapan mahasiswa dari perorangan sebesar 92,00% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan mahasiswa dari kelompok kecil sebesar 90,88% dengan kualifikasi kategori sangat baik. Disarankan kepada pengajar agar menjadikan pembelajaran lebih kreatif, inovatif dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh pengajar.
Referensi
Al-Amien, M. R., Iyakrus, & Sumarni, S. (2021). Improvement Learning Outcomes of Sepaktakraw Basic Techniques Using Audiovisual Media During Covid-19 Pandemic in PJOK Students of Sriwijaya University. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 10(2). https://doi.org/10.15294/jere.v10i2.52352. DOI: https://doi.org/10.15294/jere.v10i2.52352
Basman, & Gunawan, E. (2022). Hubungan antara Koordinasi Mata Kaki dan Persepsi Kinestetik dengan Keterampilan Servis Permainan Sepak Takraw pada Sekolah Kebakatan Olahraga. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.335. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.335
Basri, B. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik melalui Senam Ritmik pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 387. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12160. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12160
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826
Dewi, L. N. P. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 493. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138
Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Hardianto, W., & Makrifah, I. A. (2021). Pengembangan Video Tutorial Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Pacing Pad untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Patria Educational Journal, 1(1). https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.63. DOI: https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.63
Kartika, I. A. N. A. Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030
Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197
Koderi, K., Kuswanto, C. W., & Nuryati, S. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pengembangan Media Cube Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1834–1845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824
Lukman, A. R., & Kurniawan, A. T. (2021). Pengaruh Metode Latihan Tutorial Teman Sebaya Dan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot. Jurnal Porkes, 4(2). https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4899. DOI: https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4899
Mardiana, A., Doewes, M., & Purnama, S. K. (2019). Development of learning media based on video tutorial on basketball based shooting techniques. Journal of Education, Health and Sport, 9(5), 298–303. Retrieved from https://apcz.umk.pl/JEHS/article/view/6925.
Marpaung, D. N., & Pongkendek, J. J. (2021). Modul Pembelajaran Kimia Smp Berbasis Scientific Approach Pada Materi Asam Dan Basa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.33647.
Muhyi, M., Hanafi, M., Sukmana, A. A., Utamayas, I. G. D., & Prastyana, R. B. (2021). The effectiveness of krwanjang game implementation on sepak sila’s skills in sepak takraw game at Surabaya sepak takraw academy. JURNAL SPORTIF, 7(3). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i3.16148. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i3.16148
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552. DOI: https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552
Natal, Y. R., & Ragang, A. (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Sepak Kura Berbantuan Alat Dalam Permainan Sepak Takraw Bagi Mahasiswa Program Studi Pjkr Stkip Citra Bakti. Pusat P2M STKIP Citra Bakti, 5(2). https://doi.org/10.38048/imedtech.v5i2.245.
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Preayani, K. K., Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332
Pujawan, K. A. H. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. JET: Journal of Education Technology, 2(1). https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810
Putra, F. W. (2020). Hubungan Persepsi Kinestetik Dengan Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1). https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Riki, Purnomo, E., & Perdana, R. P. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Gerakan Seni Tunggal Tangan Kosong Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867. DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Saputro, D. B., & Supriyadi, S. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila Sepak Takraw Untuk Tingkat Pemula. Indonesia Perfomance Journal, 1(2), 112–118. https://doi.org/10.17977/um077v1i22017p112-118.
Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2023). Video tutorial-based learning media: A solution to assist students in learning sepaksila sepaktakraw skills. Journal Sport Area, 8(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(1).10852. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(1).10852
Silmi, M., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987..
Suparman, Ilham, & Indriyani. (2022). Pengembangan Video Tutorial Sepak Sila Pada Pembelajaran Sepak Takraw Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1187. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1187
Tubaus Rahman. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkankemampuan Kognitif (Berhitung) Pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116
Ulum, M., Asra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Shooting Petanque pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45028. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45028
Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Tri Hita Karana Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V SD. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105
Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088. DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Dewa Kompyang Wijana Sidan Wijana Sidan, I Ketut Semarayasa, Peby Gunarto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)